Beranda Regional Papua Barat YUSUP KARUKATUY: OTSUS DORONG PERCEPATAN PEMBANGUNAN DI PAPUA DAN PAPUA BARAT

YUSUP KARUKATUY: OTSUS DORONG PERCEPATAN PEMBANGUNAN DI PAPUA DAN PAPUA BARAT

0
FOTO: Yusup Karukatuy (Kepala Satpol PP Kabupaten Manokwari)

Percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat untuk mengejar ketertinggalan dan setara dengan daerah lain terus diupayakan oleh pemerintah pusat melalui kebijakan-kebijakan yang diharapkan akan berdampak besar bagi wilayah tersebut.

Salah satu kebijakan pemerintah pusat yang diberikan kepada Papua adalah Otonomi khusus (Otsus). Menurut salah satu putra asli Papua Yusup Karukatuy menilai Otsus telah memberi manfaat kepada masyarakat Papua dan Papua Barat terlebih khusus di Manokwari.

“Dari tahun ke tahun, Otsus telah memberikan perubahan yang signifikan untuk Manokwari,” ujar Yusup yang saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Manokwari.

Menurutnya, Otsus berhasil memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat disegala sektor pembangunan baik kesehatan, pendidikan, dan fasilitas sosial lainnya yang diperlukan oleh orang asli Papua di Papua Barat

“Otsus dapat meringankan beban masyarakat sehingga kebutuhan kesehatan, pendidikan, dan sosial masyarakat tercukupi,” ungkapnya.

Meski mendapat banyak dukungan, Otsus ternyata mendapat penolakan oleh beberapa kelompok kecil. Hal ini menjadi perhatian Yusup. Dikatakannya, penolakan terhadap Otsus disebabkan kurangnya pemahaman mengenai keberhasilan Otsus saat ini.

“Penolakan juga kadang dilakukan orang-orang yang memiliki kepentingan dan mencari suara karena sakit hati dan gagal dalam perpolitikan atau karena tidak dapat jabatan,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.