Beranda Pendidikan UNS Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik Versi Webomatrics 2020

UNS Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik Versi Webomatrics 2020

0
Dari 10 perguruan terbaik, yang berstatus Badan Layanan Umum hanya UNS dan Brawijaya

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masuk ke dalam 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi pemeringkatan Webomatrics tahun 2020. UNS berada di peringkat ke-10 dari perguruan tinggi di Indonesia, dan menempati peringkat ke-1.897 rangking dunia.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengatakan, Webomatrics baru saja merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia tahun 2020 pada Agustus ini. Pemeringkatan Webomatrics didasarkan dari website universitas masing-masing. 

Selain website, juga visibilitas dan dampak publikasi website sesuai jumlah pranala luar yang diterima.”Ada empat aspek yang dinilai, yaitu presence, impact, openness dan excellence,” kata Jamal saat jumpa pers secara virtual pada Jumat (7/8).

Menurutnya, dari rilis yang diterima UNS pada Agustus ini, sepuluh perguruan tinggi terbaik itu dihuni oleh sembilan perguruan tinggi negeri (PTN) dan satu perguruan tinggi swasta (PTS). Sepuluh perguruan tinggi tersebut yakni, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Telkom, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatra Utara (USU), Universitas Diponegoro (Undip), dan UNS.

“Dari sembilan PTN itu, hampir semua PTN BH (Badan Hukum) ada tujuh dan yang PTN BLU (Badan Layanan Umum) yaitu UNS dan Universitas Brawijaya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk rangking dunia, UI berada di urutan ke-693, ITB ke-891, UB ke-1.169, ITS ke-1.210, Universitas Telkom 1435, UGM ke-1.484, Unair ke-1.540, USU ke-1.564, Undip ke-1.738 dan UNS ke-1.897.

Di samping itu, berdasarkan pemeringkatan tahun 2020 di UniRank atau 4ICU yang dirilis akhir Juli 2020, UNS menempati peringkat ke-8 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Delapan perguruan tinggi itu yakni, UGM, UI, Undip, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), UB, Unair, dan UNS.

“Menurut UniRank ini UNS peringkat ke-8. Hanya ada PTN BH dan PTN BLU saja,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.