Beranda Regional Papua Barat TOKOH PEMUDA TEHIT MLAKYA NILAI OTSUS PENTING SEHINGGA HARUS DILANJUTKAN

TOKOH PEMUDA TEHIT MLAKYA NILAI OTSUS PENTING SEHINGGA HARUS DILANJUTKAN

0
Lukas Kofiyai (Tokoh Pemuda Tehit Mlakya)
Lukas Kofiyai (Tokoh Pemuda Tehit Mlakya)

Pentingnya melakukan evaluasi secara komprehensif terhadap pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Papua guna mengatasi masalah ketertinggalan pembangunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan terkhusus untuk Orang Asli Papua (OAP). Urgensi mengenai revisi Undang-Undang (UU) Otsus Papua saat ini adalah berakhirnya alokasi anggaran 2 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) Nasional.

Namun yang jauh lebih penting, dengan momentum revisi UU Otsus ini yaitu dilakukannya sinkronisasi, sebab implementasi Otsus selama kurun waktu 20 tahun masih banyak hal yang tidak jalan. Salah satunya disebabkan UU Otsus dan UU sektoral saling bertabrakan dan UU sektoral selalu menggugurkan UU Otsus. 

Perlunya evaluasi secara menyeluruh dan bermartabat atas pelaksanaan Otsus Papua guna memastikan kendala-kendala yang dihadapi selama 20 tahun perjalanan regulasi ini bisa diselesaikan.

Lukas Kofiyai, Tokoh Pemuda Tehit Mlakya menjelaskan pentingnya Otsus sehingga kedepannya harus dilanjutkan. Sebab, menurutnya saat ini masih banyak masyarakat Papua yang belum sejahtera dan banyak daerah yang masih tertinggal.

Lukas menilai implementasi Otsus selama ini belum maksimal sehingga harus dievaluasi dan diperbaiki agar pada Otsus yang akan datang dapat lebih menyentuh langsung seluruh lapisan masyarakat asli Papua. “Implementasi Otsus pada tahap awal belum sepenuhnya berhasil sehingga harus dilanjutkan dengan catatan ada evaluasi dan perbaikan pada regulasinya”, jelas Lukas.

Belajar dari implementasi Otsus sebelumnya, sambung Lukas, kedepan harus ada pengawasan dan strategi baru dalam penyaluran dan pengelolaan dana Otsus guna meminimalisir potensi terjadinya kecurangan atau penyelewengan yang berdampak buruk terhadap kehidupan masyarakat Papua.

Lukas mengajak seluruh masyarakat Papua untuk mendukung penuh rencana pemerintah melanjutkan Otsus di Tanah Papua, dimana sampai dengan saat ini telah berproses pada perumusan revisi UU Otsus. “Kita dukung, kita ikut sukseskan demi masa depan rakyat Papua”, tutup Lukas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.