Beranda Kesehatan Studi Baru Jelaskan Mutasi yang Bikin COVID-19 Lebih Menular

Studi Baru Jelaskan Mutasi yang Bikin COVID-19 Lebih Menular

0

Jakarta

Sebuah studi baru memperingatkan virus Corona telah bermutasi, salah satunya mungkin membuatnya lebih menular. Para peneliti di University of Texas, Austin telah menganalisis lebih dari 5.000 pasien COVID-19 untuk memahami bagaimana virus Corona ini bermutasi.

Hasilnya, mereka mengidentifikasi adanya satu mutasi yang tampaknya membuat virus semakin menular, yaitu D614G.

“Virus ini bermutasi karena kombinasi pergeseran netral (perubahan genetik acak yang tidak membantu atau melukai virus) dan tekanan dari sistem kekebalan kita,” jelas rekan penulis studi, Dr Ilya Finkelstein, yang dikutip dari Mirror UK, Selasa (3/11/2020).

Dari analisis para peneliti, mengungkapkan bahwa selama gelombang awal pandemi sebanyak 71 persen pasien COVID-19 terinfeksi mutasi D614G. Dr Finkelstein mengatakan mutasi virus ini telah menyebar ke seluruh dunia.

“Virus terus bermutasi saat menyebar ke seluruh dunia. Upaya pengawasan seperti penelitian kami akan memastikan bahwa vaksin dan terapi global selalu selangkah lebih maju,” ungkapnya.

Secara total, para peneliti telah mengidentifikasi 285 mutasi, meskipun sebagian besar tampaknya tidak memiliki efek signifikan pada tingkat keparahan penyakit. Tetapi, peneliti mencatat bahwa setiap infeksi baru membuat peluang tambahan untuk mengembangkan mutasi yang lebih berbahaya.

Simak Video “Mutasi Virus Corona, Penelitan, dan Kelompoknya di Dunia
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.