Beranda Regional Papua Barat STAF AHLI DPRD MANSEL: “OTSUS HARUS TETAP DILANJUTKAN”

STAF AHLI DPRD MANSEL: “OTSUS HARUS TETAP DILANJUTKAN”

0
Mathias Kandami (Staf Ahli DPRD Kab. Mansel)
Mathias Kandami (Staf Ahli DPRD Kab. Mansel)

Presiden Joko Widodo menetapkan dana Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua dan Papua Barat dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2021(RAPBN 2021) sebesar Rp. 7,8 triliun. Angka ini naik dari APBN Perubahan 2020 yakni Rp. 7,6 triliun.

Sesuai dengan amanat UU, alokasi dana Otsus Provinsi Papua dan Papua Barat setara dengan dua persen dari total pagu Dana Alokasi Umum (DAU) Nasional dan berlaku selama 20 tahun.

Dana Otsus juga diarahkan untuk mendanai pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi rakyat, pengentasan kemiskinan, serta pendanaan pendidikan, sosial, dan kesehatan.

Mathias Kandami, Staf Ahli DPRD Kab. Manokwari Selatan menilai Otsus harus tetap dilanjutkan dikarenakan dalam kebijakan Otsus terdapat kesejahteraan masyarakat Papua yang diperjuangkan. “Sebagai contoh saat ini beberapa wilayah telah dijangkau akses transportasi dan hal tersebut merupakan contoh keberhasilan Otsus”, ungkap Mathias.

Mathias berharap nantinya kelanjutan Otsus dapat semakin maksimal dalam 4 bidang diantaranya pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan. Adapun 4 bidang tersebut harus tetap difokuskan karena dasar tersebut merupakan aspek strategis yang dapat memajukan tanah Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.