Beranda Pendidikan SMPIT Nur Hikmah Gelar Wisuda Tahfidz

SMPIT Nur Hikmah Gelar Wisuda Tahfidz

0
Wisuda yang memadukan online dan offline itu berlangsung penuh haru.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — SMPIT Nur Hikmah Bekasi  kembali menggelar salah satu agenda kegiatan tahunan yang sangat memorable bagi sekolah dan orangtua, yaitu Khotmul Qur’an dan Wisuda Tahfidz. Acara itu diadakan pada  Sabtu (27/3).

Kegiatan ini adalah kali kedua diadakan di SMPIT Nur Hikmah Pondok Melati, Bekasi. Semula kegiatan ini masuk dalam kegiatan Quality Assurance Report, kini terpisah menjadi Khotmul Qur’an dan Wisuda Tahfidz.

“Ini dilakukan karena memang Al Qur’an menjadi bagian penting untuk dilaporkan secara langsung kepada orangtua siswa melalui uji publik dan juga di hadapan tokoh masyarakat, pemimpin pesantren dan juga aparatur dinas pendidikan,” kata Ustadzah Rahayu Kusumastuti  SPd selaku direktur LPI Nur Hikmah dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, kegiatan Khotmul Qur’an dan Wisuda Tahfidz ini dilakukan dengan dua wajah, yaitu secara offline dan online.  “Ini bagian dari upaya sekolah untuk terus memberikan yang terbaik kepada orangtua siswa selaku mitra  dalam tumbuh kembang anak bangsa di SMPIT Nur Hikmah,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan dalam agenda offline,  SMPIT Nur Hikmah  mendatangkan 20 siswa dari 168 siswa untuk diuji publik. Mereka didampingi oleh salah satu orangtua dengan protap Covid-19 lengkap. 

“Selebihnya peserta lain mengikuti secara online di rumah masing-masing. Dalam mekanisme pelaksanaan, semua siswa yang online didisplay pada layar Aula Utama Nur Hikmah,” tuturnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Ustadz Arifin dan Ustadzah Anita selaku MC utama dan diawali dengan prosesi kedatangan para wisudawan dan wisudawati sebanyak 168 siswa.  Suasana khidmat bertambah terasa ketika langkah para wisudawan diringi kumandang syair nasyid.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan sambutan kepala SMPIT Nur Hikmah, Ustadz Fattah Firdaus  MPd. Dalam sambutannya, ia   menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk sampai pada agenda Khotmul dan Wisuda Tahfiz 2 ini, “Mulai dari pra – Munaqosyah, Munaqosyah hingga kini di hadapan Ayah Bunda semuanya untuk siap diuji publik,” kata ustadz Fattah.

Ustadz Syamsurijal  SThI selaku koordinator Penjamin Mutu Qur’an di SMPIT Nur Hikmah menuturkan dalam laporannya  menyebutkan, siswa yang mengikuti Khotmul Qur’an ini sebanyak 168 sisw.  “Mereka terdiri dari   juz 30 (48 siswa),  juz 29 (58 siswa), juz 28 (tiga siswa), juz 1 (43 siswa), juz 2 (18 siswa), juz 3 (3 siswa), juz 4 (2w siswa), dan juz  5  (1 siswa), serta tartil (28 siswa),” paparnya.

Ia menambahkan,  untuk masing-masing  kategori juz, pihaknya memberikan apresiasi kepada peserta terbaik. Mereka adalah Afifah Nurul Ihsan (juz 5),  Raissa Amira (juz 4), Amelia Nurlatifah (juz 3),  Amelia Ulya Ramadhani (juz 2), Arefa Ramadania (juz 1), Muhammad Haikal (juz 30),  Azkia zalika (juz 29), Hasna Zahratun (juz 28), dan  Luna Alisha (kategori Ghorib). 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim IT SMPIT Nur Hikmah yang telah bekerja demikian maksimal sehingga kegiatan ini juga dapat sampai dan dinikmati dengan khidmat di rumah siswa bersama orangtua mereka,” kata Ustadz Syamsurijal.  

Khotmul Qur’an dan Wisuda Tahfidz 2 ini  juga dihadiri oleh Ustadz Ahmad Yusuf MS selaku manager Penjamin Mutu Ummi Foundation Surabaya secara online dan Ustadz Masturi selaku Ummi Daerah Bekasi yang menguji secara langsung bersama 20 siswa.

Dalam agenda ini, Direktur Ummi Foundation Ustadz Drs H  Masruri  MPd  turut serta menyampaikan sambutan. Ia  mengantarkan para hadirin untuk kembali mengenang sosok yang berjasa dalam pertumbuhan dan perkembangan Yayasan Wakaf Nur Hikmah yaitu Bunda Alia Munabari. “Ia  seorang wanita tangguh yang demikian kuat cita-citanya untuk membumikan Alquran di wilayah Pondok Melati,” tuturnya.

Kegiatan ini ditutup dengan salam takzim para wisudawan dan wisudawati Khotmul Qur’an dan Wisuda Tahfidz 2.  Ustadz Masturi mengantarkan dengan kalam indah langkah peserta menuju orangtua masing-masing. Suasana haru kembali menyeruak di Aula utama Nur Hikmah, sesekali isak tangis terdengar dan pecah, doa – doa dilangitkan, airmata membasahi banyak harapan, semoga itu dapat menumbuhkan dan menghijaukan apa – apa yang sudah ditanam dalam niat baik.  Hasbunallah

Melalui ponsel Humas Nur Hikmah, Agusrimarwan, salah satu peserta Khotmul dan Wisuda Tahfidz 2 yang bernama Shibran menuturkan,  “Alhamdulillah kegiatan ini dapat kami ikuti dengan khidmat di rumah seperti yang diharapkan oleh guru – guru kami yang ada langsung di Aula utama Nur Hikmah.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.