Beranda Regional Papua Barat SERGIUS WARAN: “OTSUS HARUS TETAP DILANJUTKAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PAPUA”

SERGIUS WARAN: “OTSUS HARUS TETAP DILANJUTKAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PAPUA”

0
Sergius Waran (Kepala Kampung Wandoki)
Sergius Waran (Kepala Kampung Wandoki)

Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) bagi Papua dan Papua Barat sangat  dirasakan masyarakat Papua hingga di pelosok kampung. Sebagai contoh adalah pembangunan infrastruktur secara masif di berbagai daerah terpencil yang menghubungkan wilayah pedesaan dan perkotaan di Papua Barat. Infrastruktur berupa jalan dan jembatan sangat bermanfaat bagi masyarakat Papua, terutama yang menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian dan perkebunan. Akses transportasi sangat diperlukan guna menunjang perekonomian, dalam hal ini pemasaran hasil tani dan kebun masyarakat. 

Selain penyediaan infrastruktur dan sarana transportasi, peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan kesehatan juga menjadi bukti hadirnya negara bagi masyarakat Papua guna menjawab kebutuhan serta menuju pada kesejahteraan dan kemakmuran.

Sergius Waran, Kepala Kampung Wandoki menyampaikan bahwa Otsus harus tetap dilanjutkan untuk kesejahteraan masyarakat Papua. Meskipun ada sedikit kekurangan diantaranya belum seluruhnya Otsus menjangkau masyarakat Papua di kampung-kampung, dia berharap agar Otsus dapat berlanjut dengan pembenahan dan evaluasi terhadap penyaluran dan pengelolaanya, agar apa yang menjadi harapan masyarakat Papua dapat terwujud.

Sergius meminta agar dalam implementasi Otsus Jilid II nanti harus lebih fokus pada kesejahteraan masyarakat kelas bawah. “Anggaran Otsus bagi Kampung – kampung agar diperbesar guna mempercepat pembangunan masyarakat kampung”, tutup Sergius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.