Beranda Regional Papua Barat SEKRETARIS KAMPUNG KATEBU BERI DUKUNGAN KEBERLANJUTAN OTSUS

SEKRETARIS KAMPUNG KATEBU BERI DUKUNGAN KEBERLANJUTAN OTSUS

0
FOTO: Maklon Mandacan (Sekretaris Kampung Katebu Distrik Manokwari Selatan, Kab Manokwari)

Kemajuan pembangunan di Tanah Papua tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu bentuk kesuksesan Otonomi khusus (Otsus) yang telah berjalan sejak tahun 2001 silam. Inilah menjadi alasan Kampung Katebu Arfai, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari mendukung keberlanjutan Otsus bagi Tanah Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kampung Katebu Distrik Manokwari Selatan Maklon Mandacan kala ditemui di Kampung Katebu, Senin (5/4/21).

Menurut Maklon, Dana Otsus telah membantu masyarakat dibidang pendidikan hingga pembangunan fasilitas umum dan rumah warga di kampung tersebut. “Dana Otsus mempunyai manfaat yang besar karena kami gunakan untuk membantu warga membiayai uang sekolah anak mereka dan sebagian lagi kami gunakan untuk membantu warga yang kesulitan membeli material pada saat akan membangun atau merehab rumah mereka serta membangun sejumlah fasilitas umum,” ujarnya.

Untuk melanjutkan pembangunan di Tanah Papua agar terus berlanjut, dirinya setuju agar Otsus dilanjutkan. Bahkan, ia menyarankan agar mekanisme penyaluran Dana Otsus mengikuti mekanisme penyaluran Dana Desa sehingga manfaatnya dapat lebih dirasakan.

Ia pun mendukung aparat penegak hukum melakukan audit Dana Otsus agar publik mengetahui bagaimana pemanfaatan dana tersebut selama ini. “Kami setuju agar dilakukan audit terhadap dana Otsus supaya ketahuan selama ini penggunaan dana Otsus larinya kemana dan siapa yang paling banyak menikmatinya,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.