Beranda Pendidikan Sekolah Prestasi Global Rayakan Milad Ke-6

Sekolah Prestasi Global Rayakan Milad Ke-6

0
Sekolah Prestasi Global telah membukukan prestasi lokal, nasional dan internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Sekolah Prestasi Global-Modern Islamic School, Depok, merayakan milad ke-6 pada Selasa, 16 Februari 2021.  Perjalanan sekolah Prestasi Global berjalan tidak lepas dari proses pendirian TK Prestasi pada tahun 2007,  hingga pada tahun 2015 Yayasan Graha Cendikia memutuskan untuk mendirikan Sekolah Dasar (SD) yang diberi nama SD Prestasi Global atau sering disebut “PresGo”.

Menurut Direktur Sekolah Prestasi Global, Ahmad Faisal, pemberian nama Prestasi Global ini kemudian menginisiasi untuk dijadikan sebagai tanda kelahiran identitas sekolah yang selama ini belum diputuskan secara kelembagaan. “Penambahan kata Global sebagai cerminan sekolah ini yang akan terus maju dan berkembang secara lokal, nasional dan global atau internasional. Oleh karenanya,  mulai tahun 2016 setiap tanggal 16 Februari diperingati sebagai HUT Sekolah Prestasi Global,” kata Ahmad Faisal melalui rilis, Selasa (16/2).

Sekolah Prestasi Global-Modern Islamic School, saat ini  membawahi unit KB, TK dan SD. Kini di usianya yang  sudah menginjak  enam tahun, Sekolah Prestasi Global  bersiap membuka unit Sekolah Menengah Pertama (SMP) Prestasi Global.  “SMP Prestasi Global dimulai tahun ajaran 2021/2022,” ujar Faisal.

Sekolah PresGo berlokasi di Perumahan Mampang Indah II, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Sekolah tersebut  mengusung konsep Modern Islamic School sebagai ciri khasnya. “Sekolah PresGo fokus  pada pendidikan karakter yang berjalan seiring dengan kemajuan zaman serta terus menguatkan nilai keislaman secara benar dan baik,” tutur Faisal.

Ia menjelaskan, konsep pembiasaan siswa Sekolah PresGo untuk melakukan sesuatu yang baik dan rutin mencerminkan pembentukan pola karakter kedisiplinan serta pencapaian sesuatu yang dengan proses yang baik dan benar.

Pedalaman life skiil siswa dilakukan dengan melihat talenta dan kemampuan siswa yang beragam. “Ini dilakukan sebagai tujuan pembelajaran dengan melayani banyaknya bakat dan kemampuan siswa itu sendiri untuk bekal kehidupannya kelak,” paparnya.

Ia menegaskan, akademik merupakan bagian yang harus dijalani sebagai sebuah sistem pendidikan namun bukan segala-galanya. Oleh karena itu,  Sekolah PresGo menerapkan pola pelayanan yang beragam dalam melayani siswa.  Contohnya, pelayanan Auditori, Kinestetik dan Visual.

“Setiap siswa itu unik. Karena itu, Sekolah PresGo berusaha untuk merespons dan mengarahkan kemampuan siswa tersebut dalam bidang atau sesuatu yang menjadi kelebihan siswa itu sendiri kelak,” paparnya.

Ia menjabarkan, penguatan nilai Islami dipupuk sejak awal, dari hal terkecil sampai hal terbesar sebagaimana tercantum dalam ibadah mahdhoh dan ghairu mahdhoh;  siswa dilatih dan dibiasakan untuk menerapkan nilai keislaman dan menjalankan kewajiban beragama secara benar sejak dini dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Faisal mengungkapkan, selama enam tahun usianya, Sekolah Prestasi Global sudah mencatatkan prestasi yang cukup menggembirakan. Baik siswa, guru maupun institusi sekolah itu sendiri.

“Ini dibuktikan dari keberhasilan siswa Sekolah PresGo menjuarai even  berskala lokal, nasional maupun internasional. Begitu pula, sejumlah guru Sekolah PresGo berhasil meraih prestasi yang  juga membanggakan sekolah,” tuturnya.

Prestasi siswa Sekolah PresGo antara lain, juara 1 dan 2 lomba robotik tingkat internasional di  Korea Selatan  tahun 2015;  juara 1 lomba Speel Bee Bahasa Inggris tingkat kota Depok 2016;  juara 2 lomba tahfidz Quran tingkat kota Depok 2017; juara 2 lomba robotik tingkat internasional di Singapura tahun 2017; juara 2 lomba daur ulang barang bekas tingkat Propinsi Jabar 2018; dan juara 1 dan 3 lomba tari tingkat se-Jabodetabek 2018.

Adapun prestasi guru Sekolah PresGo, antara lain,  guru terbaik dalam program virtual learning se-Kota Depok 2020; dan guru terbaik dalam program IT manajemen se-Indonesia tahun 2020. “Terkait prestasi lembaga, SD Prestasi Global meraih akreditasi A pada tahun 2018,” kata Ahmad Faisal.

Ia menambahkan, pada tahun 2020 Sekolah PresGo  mendirikan Prestasi Global Psikologi Center yang bertujuan sebagai pusat konsultasi bagi orang tua/wali siswa untuk mengenal secara dini dalam aspek tumbuh kembang putra-putrinya dalam pola belajar, proses pembelajaran dan juga pola asuh selama proses pendidikan. “Selain itu juga, yang paling penting adalah lembaga tersebut dapat menjadi solusi dalam hal permasalahan tumbuh kembang anak.” tuturnya.

Pada tahun yang sama, sekolah PresGo mendirikan Prestasi Global Daring Center yang bertujuan sebagai pusat pendidikan, pelatihan dan kajian bagi siswa dan guru untuk membantu  mempersiapkan  proses pembelajaran berbasis ICT serta menunjang proses pembelajaran berbasis online seperti saat ini. “Saat ini, Sekolah PresGo telah memanfaatkan Google Classroom dalam proses pembelajaran daringnya,” kata Faisal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.