Beranda Regional Papua Barat Satgas: Papua Barat salah satu provinsi prioritas vaksinasi COVID-19

Satgas: Papua Barat salah satu provinsi prioritas vaksinasi COVID-19

0

Manokwari (ANTARA) – Papua Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi prioritas pemerintah dalam pelaksanaan Program Vaksinasi COVID-19.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir di Manokwari, Kamis, mengatakan ada 10 provinsi di Indonesia yang menjadi prioritas vaksinasi tahap pertama. Papua Barat masuk dalam daftar tersebut.

“Salah satu indikatornya adalah tingginya tingkat kerawanan penyebaran virus COVID-19. Papua Barat masuk dalam kategori itu,” ucap Derek.

Selain Papua Barat sembilan provinsi yang tergabung dalam daftar prioritas itu yakni DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan serta Papua.

Ia menjelaskan bahwa vaksinasi COVID-19 yang dilakukan pemerintah pusat ini memprioritaskan sejumlah kelompok rentan seperti tenaga medis, tenaga pengajar juga TNI dan Polri.

Derek belum mengetahui kapan vaksinasi akan dilaksanakan. Saat ini dosis vaksin pun belum didistribusikan ke Papua Barat.

Menurut dia, Pemerintah Papua Barat siap mendukung anggaran untuk program tersebut, sehingga laju penularan COVID-19 di provinsi ini dapat ditekan.

“Anggaran tentu sangat penting untuk mendukung program ini. Akan disiapkan melalui APBD sesuai kemampuan daerah,” ujarnya.

Sesuai data Satgas pada Rabu 30 Desember 2020 jumlah warga terpapar COVID-19 di Papua Barat tercatat mencapai 5.946 orang. Dari jumlah itu 5.414 diantaranya berhasil sembuh, 99 meninggal dunia dan 433 masih dalam perawatan.

“Angka kematian di Papua Barat 1,7 persen. Cukup rendah dibanding daerah lain, kita harus bersyukur,” sebut Ampnir.

Ia pun mengajak warga dan seluruh pemangku kepentingan terus waspada dengan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.