Beranda Pendidikan Program MBSI Kemendikbud untuk Mudahkan Mahasiswa Magang

Program MBSI Kemendikbud untuk Mudahkan Mahasiswa Magang

0
MBSI memberikan kesempatan bagi mahasiswa dapat pengalaman belajar luar kampus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang salah satu implementasinya melalui Magang Berkualitas dan Studi Independen (MBSI). Kemendikbud berharap melalui program ini dapat memudahkan pertemuan antara pencari kerja dan pembuka lapangan kerja.

Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Kemendikbud Nizam, mengatakan para pencari kerja tanpa lelah melamar lowongan dan mengikuti acara-acara pengembangan diri. Sementara itu, para recruiter juga tanpa lelah berkeliling Indonesia, menggunakan berbagai platform, untuk dapat mengakuisisi talenta-talenta terbaik bangsa ini.

Namun, seringkali keduanya tidak bertemu di ujung jalan. Melalui program MBSI ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi kedua pihak agar dapat saling mencapai tujuan yang diinginkan.  

Ketua Subpokja MBSI Nurhadi, menjelaskan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka ini adalah sebuah upaya pemerintah untuk menjembatani dan mengamankan ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional. Bagi mahasiswa, program MBSI ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran di luar kampus.

“Program ini merupakan program kolaboratif antara para mitra dari perusahaan, organisasi, institusi pemerintahan, atau startup dan Kemendikbud yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir atau mulai semester 5 untuk dapat menyelami, merasakan dunia kerja yang sesungguhnya sambil berkontribusi nyata menerapkan ilmu yang masih segar melalui proyek, tim, pendamping, dan proses yang berkualitas,” kata Nurhadi, dalam keterangannya, Senin (29/3).

Secara umum tujuan pelaksanaan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat bertujuan untuk, memberikan alternatif solusi rekrutmen yang ideal. Sehingga organisasi mitra bisa meninggalkan pola rekrutmen dan seleksi tradisional yang tidak efisien.

Tujuan lainnya yaitu meningkatkan employer branding di mata talenta muda di Indonesia. Sehingga memudahkan organisasi mitra dalam proses rekrutmen dan seleksi di masa mendatang.

Sementara itu, untuk mahasiswa, program ini memberi kepastian atas hak mereka untuk dapat belajar di luar kampus. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman kerja di berbagai sektor industri yang sedang berkembang, yang tentunya akan sangat berguna untuk perjalanan karir mereka di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.