Beranda Regional Papua Barat PITER DOWANSIBA: “MASYARAKAT DI KAMPUNG SANGAT TERBANTU DENGAN ADANYA OTSUS”

PITER DOWANSIBA: “MASYARAKAT DI KAMPUNG SANGAT TERBANTU DENGAN ADANYA OTSUS”

0
Piter Dowansiba (Kepala Kampung Indoduas Kab. Manokwari)
Piter Dowansiba (Kepala Kampung Indoduas Kab. Manokwari)

Program Strategis Peningkatan Pembangunan Kampung (Prospek) merupakan pengembangan dari Program Respek bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus), yaitu bantuan keuangan kepada kampung, kelurahan dan distrik dalam rangka peningkatan pembangunan bertujuan meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pembangunan di kampung, kelurahan dan distrik, dalam bidang ekonomi, pelayanan dasar khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP).

Dalam kaitannya dengan Undang-Undang Desa, Prospek memiliki nilai strategis sebagai pengungkit efektivitas pelaksanaan pelaksanaan Dana Desa. Prospek berkontribusi menyediakan data administrasi kependudukan, meningkatkan kapasitas kader kampung, perencanaan, kolaborasi lintas sektor dalam pembangunan kampung serta meningkatkan kapasitas distrik untuk pendampingan kampung.

Piter Dowansiba, Kepala Kampung Indoduas Kab. Manokwari, mengungkapkan betapa bermanfaatnya dana Otsus bagi masyarakat di kampung Indoduas. “Mengalirnya dana Otsus ke masyarakat sangat dirasakan manfaatnya, terutama membantu perekonomian dan biaya sekolah anak-anak Papua”, ungkap Piter.

Masyarakat di kampung Indoduas, lanjut Piter, sangat berharap agar dana Otsus dapat tetap dilanjutkan, karena masyarakat Papua di kampungnya sangat bergantung dan membutuhkan uluran tangan pemerintah yang salah satu sumbernya dari dana Otsus.

Menanggapi rencana pemerintah pusat melakukan revisi terhadap UU Otsus, Piter mengatakan sangat mendukung dan siap ikut mensukseskan rencana tersebut. Piter berharap dalam perumusannya, pemerintah baik di eksekutif maupun legislatif dapat melibatkan masyarakat adat sehingga tetap memperhatikan aspek kearifan lokal Papua dan Papua Barat.

Piter mengajak masyarakat Papua pada umumnya untuk tidak terpengaruh oleh ajakan-ajakan dari kelompok yang tidak bertanggung jawab untuk menolak Otsus, karena program Otsus ini diberikan pemerintah pusat demi kebaikan dan kemajuan Tanah Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.