Beranda Regional Papua Barat Pertamina RU VII Kasim sosialisasi AKHLAK

Pertamina RU VII Kasim sosialisasi AKHLAK

0

Sorong (ANTARA) – PT Pertamina (Persero) RU VII Kasim Sorong Provinsi Papua Barat menyosialisasikan AKHLAK (amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif) yang merupakan program Kementerian BUMN bagi karyawan di lingkungan kilang tersebut.

“Kami mengadakan ‘values day’ untuk menjalin kebersamaan antara pekerja, mitra kerja, dan kontraktor di lingkungan kilang dan sekaligus menyosialisasikan AKHLAK,” kata GM PT Pertamina (Persero) RU VII Yulianto Triwibowo di Lapangan Golf RU VII Kasim Sorong, Minggu.

Ia mengatakan AKHLAK adalah sebuah sistem nilai atau value norma yang mengatur tindakan pola sikap seluruh pekerja Pertamina dalam keseharian.

Menurut Yulianto, AKHLAK itu terdiri dari AMANAH yang bermakna selalu berintegritas, tulus, konsisten, dapat dipercaya.

Harapannya, semua pekerja dapat memegang teguh kepercayaan atau menjadi orang yang dapat dipercaya, bertanggungjawab, bertindak jujur serta berpegang teguh pada nilai moral dan etika secara konsisten.

Dia menginginkan pekerja agar memaknai kata kompeten berarti menunjukkan kinerja terbaik, sukses, keberhasilan, dan ahli di bidangnya. Harapannya dari kata kompeten tersebut pekerja akan terus belajar untuk mengembangkan kapabilitas, dan perubahan prilaku.

Selain itu, terus meningkatkan kemampuan agar selalu mutakhir, selalu dapat diandalkan, dan menghasilkan kinerja serta prestasi yang memuaskan.

Pekerja juga diingatkan agar harmonis saling peduli dan menghargai perbedaan. Saling membantu dan mendukung, selalu menghargai pendapat orang lain dan menghargai kontribusi setiap orang.

“Kita juga harus loyal berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Menunjukkan komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan,” ujarnya.

Selalu adaptif, sebagai pekerja dan sebagai manusia terus berinovasi serta antusias dalam menggerakkan apapun dalam menghadapi perubahan. Seperti melakukan inovasi secara konsisten untuk menghasilkan yang lebih baik, terbuka terhadap perubahan dan bertindak proaktif.

“Hal terpenting pula yakni selalu kolaboratif saling mendorong dan kerjasama yang sinergis. Terbuka bekerja sama dengan berbagai pihak agar bersinergi dan mendapatkan nilai tambah untuk mencapai tujuan bersama,” tambah Yulianto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.