Beranda Regional Papua Barat PEMUDA MUSLIM KAIMANA: OTSUS BERI NILAI POSITIF UNTUK TANAH PAPUA

PEMUDA MUSLIM KAIMANA: OTSUS BERI NILAI POSITIF UNTUK TANAH PAPUA

0
FOTO: Nurdin Reasa (Ketua Pemuda Muslim Kaimana)

Sejak bergabungnya Papua pada Hari Integrasi Papua bersama Indonesia atau yang dikenal dengan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) tahun 1969, pemerintah pusat terus memberikan upaya-upaya juga langkah-langkah terbaik untuk menunjang pembangunan di Tanah Papua.

Salah satunya adalah pemerintah membuat kebijakan khusus untuk Papua yaitu UU No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi khusus bagi Provinsi Papua. Kebijakan ini diharapkan memberikan kewenangan sepenuhnya untuk Papua dalam mengatur wilayahnya sendiri dengan tidak bertabrakan dengan UU lainnya.

Pemberian Otsus bagi Tanah Papua ini dinilai memberikan nilai positif bagi pembangunan di Tanah Papua khususnya dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia orang asli Papua (OAP). Hal tersebut diungkapkan oleh Nurdin Reasa selaku Ketua Pemuda Muslim Kaimana.

“Telah banyak generasi Papua yang berhasil dan meraih prestasi dan bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional. Tidak ada kebebasan seperti ini saat masa penjajah Belanda,” ujarnya.

Dirinya pun mendukung Otsus dilanjutkan karena kebijakan tersebut merupakan upaya mencerdaskan kehidupan OAP sehingga bisa menjadi ‘Tuan Diatas Tanahnya Sendiri”.

Bahkan, dirinya juga ikut menanggapi isu penolakan Otsus yang mana dinilai merupakan bentuk provokasi sehingga dirinya mengajak generasi muda Papua agar tidak ikut terprovokasi.”Mari kita manfaatkan Otsus ini sebaik-baiknya sehingga generasi muda kita dapat meraih cita-cita yang lebih tinggi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.