Beranda Regional Papua Barat PEJABAT SEKRETARIAT DEKRANASDA PAPUA BARAT DUKUNG OTSUS DI TANAH PAPUA

PEJABAT SEKRETARIAT DEKRANASDA PAPUA BARAT DUKUNG OTSUS DI TANAH PAPUA

0
Leo Sayuda (Pejabat Sekretariat Dekranasda Papua Barat)

Pada 10 Juli 2021 di Kab. Manokwari, Leo Sayuda (Pejabat Sekretariat Dekranasda Papua Barat), mendukung dan sangat berharap agar Otonomi Khusus Jilid II dilanjutkan. Dirinya menilai Otsus ini sangat bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan di Tanah Papua, apalagi memprioritaskan rakyat Papua.

“Hingga saat ini memang keberlanjutan Otsus masih banyak menuai pro dan kontra, namun pihaknya meyakini bahwa kelompok yang kontra terhadap isu tersebut sebenarnya disebabkan ketidakpahaman saja. Mayoritas masyarakat Papua tidak tahu arah penggunaan dana Otsus karena berbeda dengan dana bantuan lain, dana Otsus tidak disalurkan dalam bentuk uang per kepala, sehingga mereka tidak secara langsung merasakan dampaknya” ujarnya.

“Hal ini yang kemudian membutuhkan transparansi dari daerah dimana penyerapan dana Otsus sebaiknya dilaporkan secara berkala, supaya tidak ada keluh kesah dari masyarakat. Keluh kesah ini juga bisa muncul akibat beberapa hal, yaitu ketidakpahaman tadi, atau sebelumnya mereka mendapatkan namun sekarang tidak, atau memang mereka terprovokasi oleh oknum-oknum tertentu” imbuhnya.

“Pada dasarnya ia merasa seluruh masyarakat Papua mendukung keberlanjutan Otsus, karena bertujuan untuk membantu masyarakat Papua menjadi lebih sejahtera, sehingga gerakan penolakan dinilai hanya politisasi saja dimana ada pihak berkepentingan di balik gerakan-gerakan tersebut. Karena apabila dilihat, dana Otsus yang turun ke kampung saja sudah sangat banyak dan seharusnya masyarakat Papua bersyukur atas hal itu” tambahnya.

“Otsus bukan diterapkan untuk mengontrol masyarakat Papua namun untuk membantu mensejahterakan rakyat Papua. Sudah banyak bidang di masyarakat Papua yang meningkat karena Otsus, terutama terkait pemberian kesempatan kepada masyarakat Papua dalam berbagai kesempatan, mulai dari kesempatan pendidikan hingga posisi di pemerintahan yang saat ini sudah banyak orang asli Papua yang mendudukinya. Mungkin apabila pemerintah pusat bisa kecewa maka mereka akan kecewa karena sudah sangat banyak program yang dilaksanakan untuk keutaman bagi warga Papua namun hingga saat ini masih banyak permasalahan di daerah dengan isu-isu Papua tersebut” tandasnya.

“Pengutamaan orang Papua dalam UU Otsus sudah diatur dengan jelas, namun akan lebih baik dikeluarkan peraturan daerah tentang penjabaran UU Otsus tersebut sehingga masyarakat lebih familiar dan paham”ungkapnya.

“Kami sendiri mendukung keberlanjutan program Otsus, karena saya yakin niat dari pemerintah pusat sudah bagus untuk kesejahteraan dan keamanan Papua, namun dalam pengelolaan dan transparansi penyerapan dananya saja yang perlu diperbaiki atau dievaluasi” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.