Beranda Regional Papua Barat OTSUS DINILAI SANGAT PENTING BAGI MASYARAKAT PAPUA

OTSUS DINILAI SANGAT PENTING BAGI MASYARAKAT PAPUA

0
Kepala Suku Minyambouw, Lius Mandacan

Berlangsungnya Otsus dengan baik selama ini di tanah Papua sudah banyak merubah dan meningkatkan perkembangan dan kemajuan mulai dari sektor Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan juga SDM orang Papua.

Akan tetapi dengan banyaknya hal baik yang dihadirkan Otsus, masih ada segelintir orang yang mengatasnamakan dirinya mewakili suara rakyat Papua yang menyangkal keberhasilan Otsus, oleh karena hal ini banyak tokoh Masyarakat di tanah papua angkat bicara mulai dari Ondoafi, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan ataupun tokoh pemuda itu sendiri.

Salah satunya Kepala Suku Minyambouw, Lius Mandacan menjelaskan bahwa Otsus yang telah berjalan selama ini sangat penting bagi masyarakat. Akan tetapi ada beberapa tokoh yang masih mengeluhkan dana Otsus yang tidak diberikan langsung ke masyarakat, sementara Otsus diperuntukkan untuk pembangunan daerah yang dekat dengan kepentingan umum.

“Otsus yang sudah berjalan selama ini sangatlah penting bagi masyarakat. Ada beberapa tokoh yang mengeluhkan dana Otsus yang tidak langsung ke masyarakat, sementara masyarakat secara umum pastinya menginginkan dana Otsus diterima langsung oleh masyarakat”, kata Lius, (22/5/21).

Penolakan terhadap keberlanjutan Otsus Jilid II di daerah tersebut relatif minim. Adapun penolakan lebih banyak karena rendahnya pemahaman tentang Otsus. Sementara itu masyarakat di Minyambouw belum sepenuhnya memahami Otsus sebab terdapat banyak di Distrik Minyambouw. Oleh karena itu, Otsus sangat perlu disosialisasikan kepada masyarakat khususnya di Distrik Minyambouw.

“Penolakan Otsus Jilid II disini masih relatif minim. Adapun penolakan Otsus karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap Otsus itu sendiri, sehingga saya berharap agar pemerintah daerah ikut mensosialisasikannya ke masyarakat”, tutupnya.

Selaku Kepala Suku di Minyambouw mempunyai pemikiran agar Otsus Jilid II dilanjutkan. Selain itu, ia akan berpartisipasi dalam mensosialisasikan Otsus Jilid II kepada masyarakat guna memberikan pemahaman tentang Otsus Jilid II, agar Tanah Papua khususnya di wilayah Minyambouw semakin maju dan sejahtera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.