Beranda Pendidikan OSIS SMA Bosowa Bina Insani Gelar BI MInister

OSIS SMA Bosowa Bina Insani Gelar BI MInister

0
BI Minister merupakan agenda tahunan yang rutin digelar OSIS SMA Bosowa Bina Insani.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR –OSIS SMA Bosowa Bina Insani menggelar BI Minister secara daring, Rabu (31/3). BI Minister tahun 2021 diikuti siswa SMP se-Jawa Barat dan SMA Bosowa Bina Insani.

Secara resmi, BI Minister dibuka oleh Eko Aryanto sebagai Vice Director of Education Development Bosowa Bina Insani. Kepada para peserta, Eko mengutarakan pentingnya kaum Milenial menjadi pemimpin dan pentingnya kerjasama tim.

“Karena suatu kesuksesan merupakan hasil dari kerjasama tim dan kepemimpinan yang baik,” ungkap Eko dalam keterangan persnya. .

Kepala SMA Bosowa Bina Insani, Dedi Supriyadi, S.Ag., M.Pd., menambahkan Allah SWT tidak menciptakan sesuatu dengan sia-sia. Di tengah pandemi covid ini telah memunculkan kreativitas dan terobosan melalui Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

“Event ini merupakan ajang silaturahim dan terobosan mengatasi kejenuhan dan menyalurkan bakat siswa SMP se-Jawa Barat,”katanya.

Dalam acara BI Minister,  OSIS SMA Bosowa Bina Insani mengundang redaktur senior Harian Republika, Irwan Kelana sebagai narasumber. Tujuan untuk berbagi inspirasi dan pengalaman juernalistik serta bimbingan menulis dan literasi kepada para peserta.

Pada kesempatan itu, Irwan mengungkap rumusan dasar penulisan berita yang disebut 5W dan 1H, yakni Apa (What), Di mana (Where), Kapan (When), Siapa (Who), Mengapa (Why), dan Bagaimana (How). Setelah diberikan teori dan berbagi pengalaman menulis, para peserta selanjutnya diajak belajar menulis.

Narasumber kedua pada event ini yaitu motivator Eko Susanto Ultra yang memotivasi peserta untuk menjadi “Success Student” dalam kondisi apa pun melalui mentalitas (daya tahan dan daya serang) kuat. “Mentalitas menentukan nasib,” kata sang motivator. 

Menurut Eko, semangat memaparkan mental sukses dan mental gagal dapat dilihat dari gestur wajah dan isi pikiran. “Mental sukses adalah mental terima kasih yang diterapkan di sekolah dengan menentukan sikap terhadap sekolah secara positif. Sekolah itu anugerah sehingga memunculkan syukur, pintar terima kasih, dan memunculkan happy mood serta bangga. Hadapi kesulitan dan ketakutan dengan rasa syukur dan tidak mengeluh,”lanjutnya.

Setelah webinar, acara BI Minister dilanjutkan dengan “Open House” perkenalan SMA Bosowa Bina Insani dan Bosowa Bina Insani School yang dipresentasikan oleh OSIS dan MPK SMA Bina Insani. Pada sesi ini dibacakan juga  pengumuman pemenang lomba pantun milenial Bahasa Sunda, lomba cover lagu, lomba story telling, dan lomba menulis singkat.  

Acara BI Minister ditutup oleh Vice Principal Kesiswaan SMA Bina Insani, Mochammad Eko Syafrudin, S.T., yang menegaskan pentingnya kerjasama, tujuan BI Minister, dan ucapan selamat kepada panitia dan pemenang lomba.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.