Beranda Regional Papua Barat NAPOLEON FAKDAWER: OTSUS ITU UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BANYAK

NAPOLEON FAKDAWER: OTSUS ITU UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BANYAK

0
Napoleon Fakdaweer

Keputusan pemerintah untuk memberikan otonomi khusus (otsus) sejak tahun 2001 dinilai mempercepat pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Hal ini disampaikan Napoleon Fakdawer selaku Ketua DPD Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) Papua Barat di Sekretariat DPD Gercin Papua Barat, Selasa (25/8/20).

Dikatakannya, Gercin Papua Barat mendukung perpanjangan otsus karena memberi kesejahteraan untuk masyarakat banyak.

“Kebijakan dana otsus sudah berhasil di Papua Barat, misalnya perekrutan seribu anak papua menjadi TNI, pimpinan institusi keamanan TNI-Polri seperti Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, Mayjen TNI Herman Asaribab, Irjen Pol Paulus Waterpauw dan masih banyak lagi,” ujar Napoleon.

Menurutnya, bahkan kepala organisasi perangkat daerah banyak berasal dari orang asli Papua (OAP) daripada pendatang.

“Apabila ada yang menilai otsus itu gagal berarti  mereka tidak memahami kebehasilan otsus,” tandasnya.

Ia mengatakan, pembentukan lembaga seperti pendidikan, kesehatan, hingga infrastruktur tidak hanya berasal dari APBD Provinsi melainkan dibiayai oleh dana otsus mengingat geografis Papua dan Papua Barat ekstrem dan penuh resiko sehingga butuh biaya yang besar.

Ia juga menyampaikan bahwa dana otsus yang diberikan oleh pemerintah pusat harus dijalankan secara transparan sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dari masyakarakat dan menilai bahwa otsus gagal.

“Dana otsus telah diberikan cukup besar untuk masyarakat Papua dan dikelola oleh pemerintah daerah sehingga mereka yang seharusnya bertanggung jawab terhadap penggunaan dana otsus, jadi harus dikelola secara transparan sehingga tidak menjadi bola liar yang mengatakan kalua otsus tidak berhasil,” tegasnya.

Napoleon juga berharap agar masyarakat diberikan ruang bersama dengan pemerintah, TNI dan Polri untuk mengevaluasi otsus  demi Papua menjadi maju dan mensejahterakan, memakmurkan, menyehatkan masyarakat Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.