Beranda Kesehatan MENINGKATNYA KASUS COVID-19 MANOKWARI KARENA KURANGNYA KESADARAN MASYARAKAT

MENINGKATNYA KASUS COVID-19 MANOKWARI KARENA KURANGNYA KESADARAN MASYARAKAT

0
Daud Suruan (Ketua RT 2 RW 2 Rendani)
Daud Suruan (Ketua RT 2 RW 2 Rendani)

Meningkatnya kasus Covid-19 di Manokwari beberapa hari terakhir tidak lepas dari kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan serta ketaatan terhadap kebijakan PPKM Darurat. Daud Suruan yang merupakan Ketua RT 2 RW 2 Rendani menyampaikan bahwa situasi di Bandara Rendani beberapa waktu lalu masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker, begitupun dengan penumpang baik yang naik maupun turun dari pesawat. “Hal ini merupakan kelalaian petugas bandara dalam memperingatkan sehingga ketaatan protokol kesehatan tidak terlaksana.”, tegas Daud.

Disisi lain, Daud menilai kurangnya pengetahuan dan informasi di tengah masyarakat menyebabkan banyaknya masyarakat yang kurang peduli bahkan acuh terhadap kasus Covid-19 saat ini. Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan gugus tugas Covid-19 tidak sebaik diawal meledaknya Covid-19. “Masyarakat masih minim informasi sehingga banyak yang belum percaya bahkan tidak peduli dengan kasus Covid-19”, ujar Daud.

Hingga saat ini, untuk wilayah Manokwari belum ada penolakan terhadap kebijakan PPKM Darurat yang diberlakukan oleh Pemerintah. Namun yang terlihat secara jelas ditengah masyarakat adalah keluhan karena berkurangnya penghasilan dari usaha-usaha yang terdampak kebijakan PPKM. “Harapan kami pemerintah dapat segera mencari solusi terhadap masyarakat yang kehilangan penghasilan baik itu dengan memberikan bantuan maupun dengan memberikan aturan yang tidak melarang adanya aktivitas seperti berjualan dan membuka toko”, harap Daud.

Selaku salah satu Ketua RT di Rendani, Daud mengatakan akan mendukung kebijakan penanggulangan dan pencegahan Covid 19 di Kab. Manokwari. “Selain itu juga kami akan menghimbau masyarakat Manokwari khususnya masyarakat Rendani untuk mendukung kebijakan pencegahan Covid 19 dengan cara mentaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak”, tutup Daud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.