Beranda Regional Papua Barat LURAH KLAGETE KOTA SORONG : OTSUS BAWA PAPUA MENUJU KEMAJUAN

LURAH KLAGETE KOTA SORONG : OTSUS BAWA PAPUA MENUJU KEMAJUAN

0
Lurah Klagete, Distrik Malaimsimsa, Kota Sorong, Yan Piet Isir

Rencana perpanjangan otonomi khusus di tahun 2021 mendatang, mendapat dukungan dari berbagai tokoh publik. Mereka sudah merasakan hasil dari Otsus, yakni kemajuan di bidang infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan lain-lainnya.

Program Otsus dinilai telah berhasil dalam memajukan masyarakat di Bumi Cenderawasih. Selain itu, Otsus merupakan tindakan afirmatif yang menjadikan rakyat Papua bangkit dari ketertinggalan, sehingga diharapkan dengan adanya Otsus, Papua semakin berkembang, bahkan menuju kemajuan.

Yan Piet Isir selaku Lurah Klagete, tepatnya di Distrik Malaimsimsa, Kota Sorong, mendukung perpanjangan Otsus, karena kebijakan tersebut memiliki tujuan untuk mensejahterakan rakyat Papua. Kebijakan ini dinilai berhasil, ditunjukkan dengan banyaknya perubahan-perubahan, dimulai dari pembangunan infrastruktur jalan melingkar lintas Papua, pembangunan sekolah hingga pelayanan kesehatan.

“Memang ada 1 atau 2 orang saja yang ingin menolak keberlanjutan Otsus, mereka hanya mencari panggung agar dapat perhatian dari pemda setempat. Mereka akan diam apabila dapat bagian dan mereka akan berteriak apabila uang mulai menipis atau habis” ungkap Yan.

“Orang-orang tersebut hanya mementingkan dirinya sendiri. Mereka kebanyakan dari kalangan para Caleg gagal. Coba mereka menjabat di pemerintahan, mereka pasti diam. Mereka tidak usah dihiraukan, Otsus wajib lanjut” tegasnya.

Yan mengungkapkan rasa bangganya karena dengan Otsus, kini Putra-putri Papua sudah banyak yang menjadi PNS bahkan TNI-Polri.

“Banyak masyarakat yang anggap bahwa Otsus itu berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bukan untuk pembangunan daerah, itu sering disalahartikan dan dimanfaatkan oleh kelompok yang berkepentingan, sehingga dikalangan masyarakat lebih percaya kepada mereka daripada pemerintah” tuturnya

Yan menyarankan sebelum pengesahan UU Otsus Jilid II supaya diadakan sosialisasi tentang program-program yang ada pada UU, hal tersebut bertujuan agar tidak ada lagi kesalahpahaman yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.