Beranda Regional Papua Barat LUCINDA PATRICIA MANDOBAR: “RENCANA PEMERINTAH MELANJUTKAN OTSUS ADALAH SESUATU YANG SANGAT BAIK”

LUCINDA PATRICIA MANDOBAR: “RENCANA PEMERINTAH MELANJUTKAN OTSUS ADALAH SESUATU YANG SANGAT BAIK”

0
Lucinda Patricia Mandobar (Kepala Sekolah SMA 1 Manokwari)
Lucinda Patricia Mandobar (Kepala Sekolah SMA 1 Manokwari)

Otonomi Khusus (Otsus) di Papua telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat dimana sebelum ada Otsus, masyarakat Papua mengalami banyak ketertinggalan. Otsus merupakan sebuah affirmative action karena ada ketertinggalan di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat dan infrastruktur. Di bidang pendidikan contohnya, kecenderungan untuk pendidikan semakin naik, usia sekolah anak 7-12 tahun cukup besar yang mengenyam pendidikan. 

Lucinda Patricia Mandobar, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Manokwari menilai rencana dari pemerintah pusat untuk memperpanjang jalanya Otsus ke jilid 2 adalah sesuatu yang sangat baik namun perlu adanya perubahan paradigma kepada pemerintah daerah sebagai pengelola dana Otsus.

Menurutnya, Dana Otsus adalah amanah yang dititipkan Tuhan melalui tangan pemerintah, oleh sebab itu harus dikelola dengan baik dan maksimal agar dapat dinikmati seluruh masyarakat Papua.

Di dalam UU Otsus tertera secara jelas pada bidang pendidikan bertujuan untuk membentuk suatu SDM yang unggul dan siap untuk mengisi kemerdekaan NKRI. Tetapi kenyataanya, lanjut Lucinda, tenaga pendidik di SMAN 1 Manokwari masih banyak yang berstatus honorer. “Seharusnya dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten melakukan pendataan untuk pengangkatan guru status honorer menjadi pegawai sah sehingga mempunyai moril yang lebih tinggi”, jelas Lucinda.

Pada dasarnya status sebagai guru mempunyai beban dan tanggung jawab yang berat kepada setiap peserta didik karena berusaha untuk merubah karakter, mental dan spiritual yang lebih baik supaya siap bersaing di era globalisasi. “Kami berharap pemerintah bisa lebih memperhatikan nasib dan kesejahteraan para pendidik sebagai garda terdepan dalam pembentukan SDM Papua”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.