Beranda Regional Papua Barat LMR-RI BERI RESPON POSITIF TERHADAP KEBERLANJUTAN OTONOMI KHUSUS

LMR-RI BERI RESPON POSITIF TERHADAP KEBERLANJUTAN OTONOMI KHUSUS

0

Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia (LMR-RI) Provinsi Papua Barat memberikan respon dalam rangka dilanjutkannya Otonomi khusus (Otsus) di Tanah Papua. Menurut Yance Kwando selaku Ketua LMR-RI, Otsus harus tetap berjalan karena telah memberikan perubahan bagi Papua dan Papua Barat.

“Hanya kami berharap kepada pemerintah pusat jika Otsus kembali berjalan di Tanah Papua harus bisa memberikan kontribusi yang nyata dan bermanfaat terhadap kehidupan seluruh OAP bukan hanya untuk segelintir orang saja,’ ucap Yance ketika ditemui di Kantor Sekretariat LMR-RI, Minggu(27/9/20).

Menurutnya, adanya penolakan terhadap perpanjangan Otsus itu hanya dilakukan oleh kelompok-kelompok separatis yang ingin mencari ‘panggung’ dengan memanfaatkan isu Otsus.

“Otsus lanjut atau tidak di Papua, tetap saja kelompok-kelompok itu akan bikin polemik dan kekacauan. Jadi menurut kami Otsus harus terus berlanjut dengan catatan segala kekurangan yang ada segera diperbaiki serta diawasi untuk kesejahteraan masyarakat OAP,” tegasnya.

Selain melakukan pengawasan, Ia pun berharap agar pemerintah daerah melakukan sosialisasi tentang keberhasilan program pembangunan yang dikelola menggunakan dana Otsus yang mana selama ini masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang pengelolaan dana tersebut.

“Dalam pengelolaan dana Otsus sudah tentu ada perencanaan, pelaksanaan serta ada pertanggungjawaban kegiatan, termasuk dalam pengelolaan dana Otsus sudah tentu ada programnya baik melalui kesehatan, pendidikan, infrastruktur serta ekonomi kerakyatan , program tersebut harus disampaikan ke masyarakat sehingga masyarakat akan memahami dan dapat menerima keberlanjutan Otsus Jilid-2,” tambahnya.

Ia menuturkan, kelanjutan Otsus akan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat khusus orang asli Papua (OAP) baik di Papua maupun Papua Barat sehingga Ia mengajak masyarakat agar mendukung kebijakan pemerintah pusat tersebut.

“Terlepas dari semua itu, saya menghimbau ke masyarakat jangan terprovokasi terhadap oknum tertentu untuk kepentingan pribadi, mari kita dukung kelanjutan Otsus untuk kesejahteraan seluruh Masyarakat Papua dan Papua Barat dalam bingkai NKRI,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.