Beranda Regional Papua Barat KETUA KNPI MANOKWARI SELATAN BERI TANGGAPAN TERKAIT OTONOMI KHUSUS

KETUA KNPI MANOKWARI SELATAN BERI TANGGAPAN TERKAIT OTONOMI KHUSUS

0

Masyarakat Papua Barat diajak untuk selalu menjaga situasi di Papua Barat agar kondusif dan senantiasa hidup dalam kerukunan serta tidak terprovokasi isu-isu yang bisa mengganggu kenyamanan di Papua Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Manokwari Selatan, Joni Saiba ketika ditanya mengenai adanya kelompok-kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi sehingga dapat menjadi masalah yang dapat merusak kerukunan di Papua Barat.

Berkaitan dengan Otonomi khusus (Otsus), menurut Joni, Otsus yang telah berjalan selama 20 tahun sejak 2001 hingga 2020 ini telah banyak membantu masyarakat Papua Barat.

“Dana Otsus telah banyak membantu serta memfasilitasi masyarakat OAP. Dengan Otsus juga, harkat dan martabat orang asli Papua menjadi lebih baik,” ungkap-nya.

Dikatakannya, adanya sentimen negatif yang timbul perihal masyarakat yang merasa implementasi Otsus belum berjalan dengan baik adalah karena kurangnya sosialisasi.

“Pemerintah harus sering melakukan sosialisasi mengenai keberhasilan Otsus sehingga masyarakat mengetahui bahwa implementasi Otsus dalam pembangunan telah dijalankan dengan baik,” tambahnya.

Ia pun menyampaikan bahwa contoh keberhasilan dalam pengelolaan Otsus hingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya yaitu di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.