Beranda Regional Papua Barat KEPALA SUKU MIERE KAIMANA TIDAK TERPENGARUH DENGAN MASALAH POLITIK SEPARATIS TERHADAP PENOLAKAN...

KEPALA SUKU MIERE KAIMANA TIDAK TERPENGARUH DENGAN MASALAH POLITIK SEPARATIS TERHADAP PENOLAKAN OTSUS

0
Sadrak Maramoi, Tokoh Adat selaku Kepala Suku Miere Kabupaten Kaimana

Menyikapi perkembangan maraknya isu masalah politik separatis Papua yang mempermasalahkan Otsus selama ini, Sadrak Maramoi, selaku Tokoh Adat selaku Kepala Suku Miere Kabupaten Kaimana mengakui tidak terpengaruh dengan isu yang berkembang diluar daerah.

“Selaku orang tua hanya mampu memberikan pemahaman kepada kalangan anak-anak generasi muda untuk tidak terpengaruh, berkonsentrasi untuk tetap bisa sekolah sehingga anak-anak tidak bodoh dan mudah di pengaruhi isu-isu yang merugikan kalangan masyarakat,” ucapnya.

Perlu diketahui keberadaan Suku Miere tersebar di Distrik Teluk Etna dan Distrik Yamor Kabupaten Kaimana, secara umum masyarakat di pedalaman memenuhi kebutuhan hidup dari berkebun dan mencari hasil laut untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Selama ini masyarakat asli telah menganggap pendatang dari berbagai suku di Nusantara sebagai saudara sendiri, karena tanpa mereka hasil kebun dan hasil laut yang kita peroleh mereka yang akan menampung” lanjutnya.

Dirinya mengakui, selama ini kondisi kampong aman dan masyarakat di pedalaman tidak terpangaruh dengan masalah isu perkembangan politik separatis maupun Otsus Papua.

“Selaku tokoh masyarakat adat suku Miere, sebagai orang tua hanya berfikir bagaimana anak-anak tetap sekolah supaya bisa punya masa depan dan tidak di pengaruhi dengan isu-isu yang justru merugikan masyarakat sendiri,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.