Beranda Regional Papua Barat KEPALA SUKU MAIRASI DUKUNG KELANJUTAN OTSUS

KEPALA SUKU MAIRASI DUKUNG KELANJUTAN OTSUS

0
Marthinus Naguasai, Kepala Suku Mairasi Kabupaten Kaimana

MAMBRUK NEWS, KAIMANA – Kelanjutan Otsus mendapat dukungan dari berbagai kalangan termasuk oleh Marthinus Naguasai yang merupakan Kepala Suku Mairasi Kabupaten Kaimana.

“Kebijakan pemerintah dalam memberikan program Otsus untuk masyarakat Papua dan Papua Barat sangat penting dalam menunjang kelanjutan pembangunan baik bidang SDM dan infrastruktur namun telah disalahartikan oleh aktivis Papua yang tidak sejalan dan sengaja memprovokasi masyarakat dengan membuat opini kepada masyarakat bahwa Otsus selama ini telah gagal”, ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan otsus salah satunya Kebijakan pemerintah memberikan Otsus kepada masyarakat Papua yang selama ini di terima masyarakat yaitu biaya pendidikan bagi generasi muda dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, biaya kesehatan untuk orang asli Papua dan berbagai kebijakan lain melalui bantuan sosial maupun pembangunan infrastruktur.

Selain itu, Ia pun menyampaikan bahwa masyarakat berhak menanyakan implementasi penggunaan dana otsus kepada pemerintah namun harus dilakukan dengan mekanisme yang benar.

“Tidak harus dengan melakukan berbagai aksi penolakan yang justru akan merugikan masyarakat sendiri, memang secara tidak disadari masyarakat tidak langsung menerima dana otsus secara tunai atau kurang diberikan pemahaman khususnya dari pemerintah daerah”, sesalnya.

Ia juga mengatakan harapnya kepada pemerintah dari pusat hingga daerah harus jujur, transparan sehingga masyarakat dapat merasakan adanya perubahan yang berarti.

“Otsus maupun dana otsus adalah berkat Tuhan yang harus disyukuri dan dijalankan sesuai peraturan undang-undang sehingga harus dilanjutkan”, tutup Marthinus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.