Beranda Regional Papua Barat KEPALA SUKU KURI KAB. KAIMANA : PEMERINTAH SANGAT BAIK DENGAN PAPUA

KEPALA SUKU KURI KAB. KAIMANA : PEMERINTAH SANGAT BAIK DENGAN PAPUA

0

Otsus bagi Provinsi Papua dan Papua Barat adalah kewenangan khusus yang diakui dan diberikan oleh Pemerintah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, pemberian kewenangan tersebut dilakukan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat dapat mempercepat tercapainya kesejahteraan rakyat, mempercepat pembangunan Papua agar tak tertinggal dari daerah lain di Indonesia.

Kepala Suku Kuri Kabupaten Kaimana, Pilemon Refideso menyampaikan bahwa selama kurun waktu kurang lebih 20 tahun Otsus berjalan sudah banyak perubahan yang dirasakan oleh masyarakat khususnya di wilayah kaimana.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sangat pesat itu sangat berdampak baik bagi perekonomian, dan juga fasilitas kesehatan dan pendidikan diperbaiki dan ditambah.

Ia mengatakan Otsus yang saat ini diberikan untuk Papua adalah solusi terbaik untuk memajukan Tanah Papua, namun ada sedikit kekurangan yang harus diperbaiki khususnya dalam hal transparansi penggunaan Dana Otsus yang selama ini tidak jelas sehingga menimbulkan banyak kebingungan di tengah masyarakat.

Ia juga mengatakan selama ini antara Otsus dengan APBD tidak bisa membedakan, oleh karena itu harapan kedepan Otsus harus dipisahkan dari APBD dan juga harus ada sistem pengawasan yang baik sehingga meminimalisir terjadinya penyalahgunaan.

Ia juga menghimbau untuk seluruh OAP agar mendukung keberlanjutan Otsus di Tanah Papua, karena dengan Otsus Papua akan menjadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.