Beranda Regional Papua Barat KEPALA SUKU INANWATAN : OTSUS PAPUA PERLU DILANJUTKAN

KEPALA SUKU INANWATAN : OTSUS PAPUA PERLU DILANJUTKAN

0
Kepala Suku Inanwatan di Kota Sorong, Amos Masei.

Jelang berakhirnya Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid I, sejumlah pihak mulai menyuarakan aspirasinya, ada yang menolak, namun tak sedikit juga yang mendukung keberlanjutan Otsus Papua. Ditengah berbagai pro dan kontra keberlanjutan Otsus Papua, sejumlah tokoh di Papua menyampaikan aspirasi dukungan terhadap keberlanjutan Otsus Papua, sebab Otsus Papua dinilai bisa menjadi solusi percepatan pembangunan di berbagai bidang.

Kepala Suku Inanwatan di Kota Sorong, Amos Masei menyampaikan Otsus Papua perlu berlanjut. Dirinya juga akan memastikan bahwa mayoritas masyarakat Inanwatan di Kota Sorong akan mendukung keberlanjutan Otsus Papua karena Otsus adalah bentuk perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat Papua.

“Mayoritas warga Inanwatan di Kota Sorong akan mendukung keberlanjutan Otsus Papua. Namun tidak bisa dipungkiri, terdapat kelompok yang menolak karena tidak memahami betul manfaat Otsus”, ujar Amos, (15/5/21).

Sementara ini, rencana penambahan anggaran Otsus Jilid II sangat direspon positif oleh masyarakat Papua dan diharapkan OAP (Orang Asli Papua) dapat setara dengan masyarakat di Pulau Jawa. Namun pengawasan penggunaan anggaran Otsus perlu diperketat sehingga dana Otsus bisa benar-benar mensejahterakan OAP.

“Otsus perlu dilanjutkan tetapi pengawasan penggunaan anggaran perlu diperketat agar pengimplementasian dana Otsus bisa lebih tepat sasaran. Rencana penambahanan anggaran Otsus Jilid II akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan berharap masyarakat Papua bisa setara dengan masyarakat di Pulau Jawa”, lanjutnya.

Selain itu, sebagai Kepala Suku Inanwatan sangat berharap agar permasalahan di Tanah Papua dapat segera selesai dan pemerintah pusat diharapkan dapat menggunakan pendekatan kemanusiaan. Dirinya juga akan menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan menjaga Kamtibnas selama proses revisi UU Otsus Papua. \

“Orang Papua itu memiliki watak yang keras, pemerintah diharapkan menggunakan pendekatan kemanusiaan. Karena jika menggunakan kekerasan maka akan sulit menyelesaikan permasalahan Papua”, tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.