Beranda Regional Papua Barat KEPALA KAMPUNG WARMON KOKODA, KAB. SORONG HARAP OTSUS DAPAT DILANJUTKAN DEMI KESEJAHTERAAN...

KEPALA KAMPUNG WARMON KOKODA, KAB. SORONG HARAP OTSUS DAPAT DILANJUTKAN DEMI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PAPUA

0
Ari Syamsuddin Namugur (Kepala Kampung Warmon Kokoda, Kab. Sorong)
Ari Syamsuddin Namugur (Kepala Kampung Warmon Kokoda, Kab. Sorong)

Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua merupakan titik temu, jalan tengah untuk menguatkan integrasi Papua sekaligus jembatan untuk meniti perdamaian dan membangun kesejahteraan di Tanah Papua. Otsus sendiri masih berlangsung sesuai UU Nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

Tidak dapat dipungkiri ada kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan Otsus. Yang diperlukan Papua dan Papua Barat di masa depan adalah meningkatkan akuntabilitas serta transparansi Otsus agar memberi manfaat kesejahteraan bagi rakyat Papua. Oleh sebab itu, saat ini pemerintah bersama DPR-RI tengah melakukan berbagai rangkaian kegiatan berkenaan dengan evaluasi dan perumusan revisi UU Otsus melalui Panitia Khusus (Pansus) DPR RI Untuk Revisi UU nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua. 

Ari Syamsuddin Namugur selaku Kepala Kampung Warmon Kokoda, Kab. Sorong menyatakan dukungannya terhadap keberlanjutan Otsus bagi Papua dan Papua Barat. Meskipun terdapat sedikit kekurangan, Ari menilai Otsus sudah banyak merubah taraf hidup masyarakat Papua menjadi lebih baik. “Perkembangan wilayah di Papua Barat semakin meningkat, juga sudah banyak masyarakat yang dapat hidup lebih layak berkat adanya kebijakan Otsus”, ungkap Ari.

Kepala Kampung Warmon Kokoda juga berharap agar dalam implementasi Otsus Jilid II nanti, pemerintah harus lebih meningkatkan pengawasan dan evaluasi terhadap penggunaan dana Otsus, agar pembagian dana tersebut dapat dirasakan oleh semua masyarakat baik pendatang maupun masyarakat asli Papua. “Pembagian dana yang diberikan diharapkan langsung kepada masyarakat, hal ini untuk menghindari adanya penyalahgunaan dana Otsus yang diberikan oleh pemerintah pusat”, harap Ari.

Sebagai aparat kampung, Ari meminta seluruh masyarakat terutama para pemuda untuk mendukung semua program pemerinta, mulai dari yang terbawah yaitu program kampung. “Semua program-program kampung bersumber dari dana yang diberikan pemerintah, salah satunya dengan program Otsus, oleh sebab itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak terutama para pemuda untuk sama-sama membangun dan memajukan kampung”, tutup Ari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.