Beranda Regional Papua Barat KEPALA KAMPUNG DOBUT MANOKWARI: DANA OTSUS BANYAK BERMANFAAT BAGI PEMBANGUNAN DAN PENDIDIKAN...

KEPALA KAMPUNG DOBUT MANOKWARI: DANA OTSUS BANYAK BERMANFAAT BAGI PEMBANGUNAN DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT KAMPUNG

0
FOTO: Septinus Aibu (Kepala Kampung Dobut, Kab. Manokwari)

Sejak ditetapkannya Undang-undang Otonomi khusus (UU Otsus) Papua tahun 2001 dan masih terus berjalan hingga saat ini, kebijakan tersebut telah memberikan dampak signifikan bagi kemajuan Tanah Papua. Hasil dari kebijakan tersebut bisa terlihat dari masifnya pembangunan, bukan hanya dalam sektor pembangunan infrastruktur tetapi juga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) asli Papua.

Hal tersebut diakui oleh Kepala Kampung Dobut Septinus Aibu. Kampung Dobut merupakan salah satu kampung yang terletak di Papua Barat, tepatnya di wilayah Kabupaten Manokwari yang merasakan langsung dampak dari kebijakan Otsus yang digulirkan oleh pemerintah pusat.

“Berkat Dana Otsus yang diberikan kepada kampung kami, dana tersebut dapat kami gunakan untuk membangun rumah bagi masyarakat, membiayai uang sekolah anak anak di Kampung Dobut mulai SD hingga SMA, selebihnya kami gunakan untuk bangun infrastruktur seperti jalan, dan lain-lain,” ujar Septinus.

Melihat begitu bermanfaatnya Otsus, menjadi alasan Kampung Dobut mendukung kelanjutan kebijakan tersebut. “Kami warga Kampung Dobut tidak ada yang menolak kelanjutan Otsus, bahkan kami sangat mendukung pelaksanaan Otsus karena Otsus sangat bermanfaat bagi kami warga Kampung Dobut,” tambahnya.

Dirinya juga berharap dalam revisi UU Otsus, pemerintah dapat memberikan pengalokasian Dana Otsus yang lebih besar lagi untuk kampung sehingga dapat digunakan untuk membangun SDM di kampung tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.