Beranda Regional Papua Barat KEPALA DISTRIK AYAMARU TENGAH: “DANA OTSUS BERDAYAKAN MASYARAKAT KAMPUNG”

KEPALA DISTRIK AYAMARU TENGAH: “DANA OTSUS BERDAYAKAN MASYARAKAT KAMPUNG”

0
Sepnat Naa (Kepala Distrik Ayamaru Tengah, Kab. Maybrat)
Sepnat Naa (Kepala Distrik Ayamaru Tengah, Kab. Maybrat)

Dana Otonomi Khusus (Otsus) yang dikucurkan pemerintah provinsi melalui Program Startegis Pembangunan Ekonomi Kampung (Prospek) kepada kampung-kampung sebesar Rp. 225 juta per tahun. Prospek diluncurkan untuk mendukung program dana desa yang dilaksanakan pemerintah pusat.

Sepnat Naa, Kepala Distrik Ayamaru Tengah, Kab. Maybrat mengaku dana yang dikucurkan pemerintah ini sangat membantu perekonomian masyarakat kampung. Selain itu juga sangat menunjang pendidikan anak-anak Papua hingga ke perguruan tinggi. “Dengan adanya Otsus Papua banyak anak-anak kampung yang melanjutkan sekolah hingga ke perguruan tinggi bahkan ada yang sedang mengikuti seleksi di instansi TNI-POLRI”, ucap Sepnat.

Adanya kelompok-kelompok yang menolak Otsus, lanjut Sepnat, mereka tidak memikirkan masyarakat Papua yang tinggal di pedalaman seperti di Maybrat ini sangat bergantung penuh pada perhatian dan bantuan pemerintah, salah satunya melalui dana Otsus. Tanah di Kab. Maybrat ini sangat susah untuk digunakan bercocok tanam, tidak seperti daerah lain yang sangat subur. “Apabila Otsus Papua dihentikan pastinya banyak masyarakat menengah kebawah yang akan kesusahan. Apakah mereka akan memikirkan itu?”, tanya Sepnat.

Sepuluh kampung yang berada dibawah distrik Ayamaru Tengah sangat mendukung kelanjutan Otsus. Sampai dengan saat ini, belum ada isu atau berita penolakan dari masyarakat Papua di distrik Ayamaru Tengah. “Belum ada kelompok-kelompok separatis yang mencoba menghasut masyarakat untuk menolak Otsus, apabila ada, pasti akan kami tolak dan laporkan kepada aparat setempat”, tegas Sepnat.

Sehubungan dengan aksi kekerasan dan pembunuhan yang dilakukan Kelompok Separatis Papua (KSP), Sepnat mengutuk keras terhadap tindakan keji yang mereka lakukan. Dia pun meminta kepada aparat TNI/POLRI untuk segera menindak tegas dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga masyarakat Papua yang berada dibawah ancaman KSP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.