Beranda Regional Papua Barat KELIOPAS REFIDESO: “OTSUS MEMILIKI PERAN PENTING DALAM KEMAJUAN TANAH PAPUA”

KELIOPAS REFIDESO: “OTSUS MEMILIKI PERAN PENTING DALAM KEMAJUAN TANAH PAPUA”

0
Keliopas Refideso (Kepala Kampung Refideso Distrik Kuri Kab. Teluk Bintuni)
Keliopas Refideso (Kepala Kampung Refideso Distrik Kuri Kab. Teluk Bintuni)

Otonomi Khusus (Otsus) Papua merupakan kewenangan khusus yang diakui dan diberikan kepada Provinsi Papua, termasuk provinsi-provinsi hasil pemekaran Provinsi Papua. Mereka diberi mandat untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi dan hak-hak dasar masyarakat Papua.

Merujuk pada Undang-undang nomor 21 tahun 2001, Otsus bertujuan meningkatkan taraf hidup, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat; mewujudkan keadilan penerimaan hasil sumber daya alam; penegakan hak asasi manusia serta penerapan tata kelola pemerintahan yang baik.

Keliopas Refideso, Kepala Kampung Refideso Distrik Kuri Kab. Teluk Bintuni sangat setuju sekali dengan adanya dukungan Otsus dari pemerintah pusat ke masyarakat papua. Menurutnya, Otsus memiliki peran penting dalam kemajuan Tanah Papua. Kemajuan tersebut meliputi berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur.

Keliopas mengakui dalam pelaksanaanya, Otsus belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat Papua pada umumnya. Hal ini disebabkan karena dana masih digabung dengan Dan Desa, Anggaran Dana Desa (ADD), dan lain-lain. Harapnya, agar kedepan dapat diatur dan dipisahkan sendiri, sehingga masyarakat dapat mengerti dan memahami sumber dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Papua.

Keliopas mengajak seluruh masyarakat Papua untuk mendukung keberlanjutan Otsus, karena dengan Otsus orang Papua bisa hidup layak dan sejahtera. Dia pun meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh dan terprovokasi ajakan oknum-oknum kelompok yang menolak Otsus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.