Beranda Kesehatan Kedutan Mata Kanan Atas dan Artinya dari Sisi Medis

Kedutan Mata Kanan Atas dan Artinya dari Sisi Medis

0

Jakarta

Kedutan kelopak mata atau myokymia adalah kejang otot kelopak mata yang berulang dan tidak disengaja. Kedutan bisa terjadi di kelopak mata kanan atas dan kanan bawah.

Bagi kebanyakan orang, kedutan mata kanan ini sangat ringan dan terasa seperti tarikan lembut pada kelopak mata.

Namun, ada juga yang mengalami kedutan yang cukup kuat untuk memaksa kedua kelopak mata menutup sepenuhnya. Kondisi ini berbeda dan disebut blefarospasme .

Kedutan mata kanan atas biasanya terjadi setiap beberapa detik selama satu atau dua menit. Durasi kedutan kelopak mata ini tidak dapat diprediksi.

Kedutan bahkan dapat terjadi terus-menerus selama beberapa hari. Sebaliknya, Anda mungkin tidak akan mengalami kedutan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Kedutan tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya, tetapi mungkin sedikit mengganggu. Kebanyakan kedutan akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kedutan kelopak mata bisa menjadi tanda peringatan awal dari gangguan gerakan kronis, terutama jika kedutan tersebut disertai dengan kedutan wajah lainnya atau gerakan yang tidak terkendali.

Apa yang menyebabkan kelopak mata kedutan?

Kedutan kelopak mata dapat terjadi tanpa penyebab yang dapat diidentifikasi. Karena jarang menjadi pertanda masalah serius, penyebabnya biasanya tidak diselidiki.

Dilansir Healthline, kedutan mata kanan atas dapat disebabkan oleh:

-iritasi mata
-ketegangan kelopak mata
-kelelahan
-kurang tidur
-efek samping pengobatan
-penggunaan alkohol, tembakau, atau kafein

Jika kedutan menjadi kronis, Anda mungkin mengalami apa yang dikenal sebagai ” blefarospasme esensial jinak”, yang merupakan sebutan untuk kedipan atau kedipan kronis dan tidak terkendali.

Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata. Penyebab pasti dari kondisi ini tidak diketahui, tetapi hal berikut dapat memperburuk kedutan:

-blepharitis, atau radang kelopak mata
-konjungtivitis, atau mata kelingking
mata kering
-iritasi lingkungan, karena angin, cahaya terang, matahari, atau polusi udara
kelelahan
-sensitivitas cahaya
-terlalu banyak alkohol atau kafein
-merokok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.