Beranda Regional Papua Barat KADIS PERINDAGKOP DAN UKM KAIMANA: “OTSUS HARUS DIDUKUNG UNTUK MELANJUTKAN KELANGSUNGAN PEMBERDAYAAN...

KADIS PERINDAGKOP DAN UKM KAIMANA: “OTSUS HARUS DIDUKUNG UNTUK MELANJUTKAN KELANGSUNGAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PAPUA”

0
Agustinus Janoma, SE (Kadis Perindagkop dan UKM Kab. Kaimana)
Agustinus Janoma, SE (Kadis Perindagkop dan UKM Kab. Kaimana)

Otonomi Khusus (Otsus) adalah kewenangan di Papua yang diberikan oleh pemerintah pusat sejak tahun 2001. Ketika ada Otsus, maka masyarakat akan diberi dana besar, untuk membangun Tanah Papua. Uang itu digunakan dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dll. Tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Saat pandemi, dana otsus lebih bermanfaat lagi, karena akan mengurangi kesusahan masyarakat yang keadaan finansialnya menurun. Akan tetapi, uang yang diberikan bukan berupa tunai, karena pemerintah daerah lebih memilih untuk memberi kail, bukan ikan. Maksudnya adalah dana Otsus diberikan sebagai pinjaman modal usaha, agar masyarakat semangat untuk berdagang.

Agustinus Janoma, SE, selaku Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kab. Kaimana menyatakan bahwa otsus merupakan program yang sangat penting untuk kelangsungan pemberdayaan ekonomi masyarakat Papua. “Terkait dengan pentingnya program Otsus sehingga harus didukung dalam melanjutkan kelangsungan pemberdayaan ekonomi masyarakat Papua khususnya di Kab. Kaimana”, ungkap Agustinus.

Menurutnya, selama implementasi Otsus 20 tahun ini, telah banyak membawa perubahan bagi masyarakat Papua, dari yang dulunya hidup dibawah garis kemiskinan, kini dapat hidup lebih sejahtera. “Bisa dilihat, mama-mama Papua yang dulu hanya menggantungkan hidup dari perkebunan/pertanian, sekarang sudah banyak yang memiliki lapak jualan, bahkan ada yang sampai bisa membuat dan memasarkan produk sendiri seperti tas noken, aksesoris, kerajinan tangan, dan lainnya”, jelas Agustinus.

Sebagai bagian dari pemerintahan, Agustinus mengajak seluruh masyarakat di Kaimana untuk ikut mendukung dan mensukseskan rencana pemerintah melakukan revisi UU Otsus. Karena menurutnya, rencana tersebut dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan hasil yang baik jika mendapatkan dukungan sepenuhnya dari masyarakat Papua.

Seiring dengan salah satu tujuan Otsus yakni meningkatkan kualitas SDM Papua, Dinas Perindagkop dan UKM Kaimana akan terus meningkatkan pelatihan  dan penyuluhan UKM khususnya bagi masyarakat Papua di Kaimana sebagai bekal menuju hidup sejahtera dan mandiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.