Beranda Regional Papua Barat KADIS KEHUTANAN TAMBRAUW : “OTSUS MEMILIKI PERAN PENTING DALAM KEMAJUAN TANAH PAPUA”

KADIS KEHUTANAN TAMBRAUW : “OTSUS MEMILIKI PERAN PENTING DALAM KEMAJUAN TANAH PAPUA”

0
Jean H. Ick (Kadis Kehutanan Tambrauw)
Jean H. Ick (Kadis Kehutanan Tambrauw)

Pemerintah mencatat penyaluran Dana Otonomi Khusus (Otsus) serta Dana Tambahan Infrastruktur (DTI) kepada Papua dan Papua Barat telah mencapai Rp. 138,65 triliun dalam 20 tahun terakhir. Dana Otsus dan tambahan infrastruktur itu belum termasuk dana Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) senilai Rp. 702,3 triliun, serta belanja kementerian/lembaga di Papua dan Papua Barat sejumlah Rp. 251,29 triliun sepanjang 2005-2021.

Untuk itu, rata-rata proporsi dana Otsus dan TKDD lainnya terhadap pendapatan pemerintah daerah di Papua dan Papua Barat terbilang signifikan. Adapun proporsi dana Otsus dan TKDD lainnya terhadap pendapatan Pemda di Papua dan Papua Barat masing-masing 70% dan 68% dalam lima tahun terakhir ini. Dana Otsus ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan belanja pendidikan, kesehatan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat.

Jean H. Ick, Kepala Dinas Kehutanan Kab. Tambrauw menerangkan bahwa Otsus memiliki peran penting dalam kemajuan Tanah Papua. Kemajuan tersebut meliputi berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur. “Manfaat Otsus sangat dirasakan oleh masyarakat di Kab. Tambrauw yang saat ini merupakan daerah berkembang yang memerlukan pembangunan dari berbagai sektor”, ungkap Jean.

Tidak meratanya pembagian Dana Otsus ke seluruh lapisan masyarakat, Jean menilai karena kurang maksimalnya penyaluran dana yang dilakukan Pemerintah Daerah. Otsus juga memerlukan perencanaan target dan pengawasan dari pihak masyarakat, agar Otsus dapat dilaksanakan lebih baik dan sesuai target.

Sebagai salah satu bagian dari pemerintahan, Jean mengajak seluruh masyarakat Papua khususnya di Kab. Tambrauw untuk mendukung keberlanjutan Otsus di Papua Barat dan menolak segala bentuk provokasi dari oknum-oknum kelompok yang menolak keberlanjutan Otsus bagi Tanah Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.