Beranda Pendidikan Jokowi Ucapkan Selamat Dies Natalis ke-57 IPB University

Jokowi Ucapkan Selamat Dies Natalis ke-57 IPB University

0
IPB berkesempatan menjadi World Class University melalui karya dan inovasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Tepat 1 September 2020, IPB University menyelenggarakan Sidang Terbuka Pembukaan Dies Natalis ke-57. Dies Natalis kali ini mengusung tema Manusia Unggul dan Inovasi Agromaritim 4.0 untuk Indonesia Mandiri. 

Dalam Sidang Terbuka Dies Natalis ke-57 IPB University ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ucapkan selamat kepada IPB University yang telah dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di tanah air. “IPB University memiliki kesempatan menjadi World Class University melalui karya dan inovasinya. Di masa pandemi Covid-19 ini, IPB University justru menunjukkan lompatan kemajuan. Selamat untuk IPB University,” ujar Jokowi dalam video yang ditayangkan saat  Pembukaan Dies Natalis ke-57 secara virtual (1/9).

Hal serupa juga disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Nadiem menyatakan rasa bangganya atas capaian dan prestasi yang diraih IPB University. “Semoga IPB University selalu terdepan dalam mewujudkan Kampus Merdeka dan terus menjadi trensetter dalam era disrupsi ini. IPB University harus menjadi pilar inovasi bangsa untuk Indonesia maju,” imbuhnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sementara itu, Prof Dr Arif Satria, rektor IPB University dalam sidang terbuka ini memaparkan gambaran disrupsi akibat revolusi industri 4.0 dan revolusi biologi. Saat ini dampak dari disrupsi adalah banyaknya perubahan dalam berbagai bidang. Peta kompetisi berubah, perilaku konsumen berubah, budaya berubah dan adanya perkembangan ilmu-ilmu biologi yang sangat pesat.

“Ini menjadi tantangan bagaimana strategi perguruan tinggi mencetak generasi unggul masa depan yang mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut, yang harus disikapi dengan kelincahan dan respon cepat,” kata Prof Arif Satria.

Ia menjelaskan, IPB University telah merespons dengan hadirnya pendidikan kurikulum 2020 untuk mencetak powerfull agile learner dengan memadukan mindset dan skillset dengan grown mindset.

“Tujuannya agar kami mampu mencetak lulusan generasi pembelajar, jujur, memiliki jiwa sosial tinggi, kemampuan komunikasi tinggi, mampu memcahkan masalah kompleks, berintegritas juga memiliki kemampuan bekerja  sama. Selain itu dalam kurikulum 2020 juga mengkombinasikan model kampus merdeka sebagai kebijakan dari Mendikbud. Mahasiswa akan mendapat kesempatan magang di industri, exchange program, bisnis dan riset desa,” paparnya.

Selain itu rektor menyebutkan, merespons disrupsi, revolusi biologi bisa dilakukan dengan inovasi. Yakni inovasi yang relevan dan sesuai dengan tantangan saat ini. IPB University menjawab hal tersebut dengan memberikan panduan riset Agromaritim 4.0 sebagai panduan riset-riset yang akan dilakukan. 

“Di usianya ke-57, IPB University telah memiliki 57 varietas unggul. Ada padi IPB 3S, cabe, pepaya, pisang, salak, kentang dan sebagainya. Berdasarkan data Business Innovation Center (BIC) selama 11 tahun, ada 1.226 inovasi terbaik di Indonesia dan 31 persennya adalah dari IPB University. Maka tidaklah berlebihan jika tagline kami adalah Inspiring Innovation with Integrity. Semoga IPB University akan selau menginspirasi dan menghadirkan optimisme untuk selalu menginspirasi dengan inovasi,” tuturnya. 

Selain Presiden dan Mendikbud, ucapan selamat juga datang dari para menteri Kabinet Indonesia Maju. Yakni Menristek/Kepala BRIN, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Para Duta Besar RI untuk negara sahabat, pejabat daerah dan para rektor dari perguruan tinggi mitra dari dalam dan luar negeri, petani, peternak, nelayan juga turut menyampaikan ucapan selamat melalui tayangan video.

Acara ini diikuti oleh jajaran pimpinan IPB University yaitu Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik (SA), Dewan Guru Besar (DGB),  Wakil Rektor, Sekretaris Institut, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, para Dekan Fakultas/Sekolah yang hadir di Grha Widya Wisuda (GWW) dengan protokol kesehatan serta undangan para rektor perguruan tinggi di Indonesia, mitra institusi, alumni, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa melalui aplikasi zoom maupun youtube IPB TV.

Secara khusus, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB University, Prof Dr Tridoyo Kusumastanto hadir untuk memberikan ucapan selamat dan harapan demi kemajuan IPB University di masa yang akan datang.

Acara ini kian marak dengan persembahan lagu berjudul “Kampus Terbaik” karya Rektor IPB University yang dinyanyikan oleh tiga mahasiswi dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Agria Swara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.