Beranda Pendidikan Ini Lima Pesan Rektor untuk 801 Wisudawan IPB

Ini Lima Pesan Rektor untuk 801 Wisudawan IPB

0
Para wisudawan hendaknya terus menjadi agile learner, pembelajar yang tangguh.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — IPB University kembali menggelar wisuda untuk program sarjana, magister dan doktor secara daring Kamis (10/12). Ini merupakan gelaran wisuda tahap kedua di tahun akademik 2020/2021. Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria mengungkapkan apresiasi dan selamat kepada 801 orang yang diwisuda hari ini.

“Saya mengucapkan selamat pada para wisudawan yang hari ini telah menuntaskan tugas sebagai mahasiswa. Semoga apa yang telah ditempuh mendapatkan keberkahan dari Allah sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemaslahatan bangsa,” ucap rektor seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Pada kesempatan wisuda kali ini, rektor menyampaikan lima pesan kepada para wisudawan sebagai bekal menjalani kehidupan pasca kampus. Lima pesan itu adalah pertama, hendaknya para wisudawan agar terus menjadi agile learner, seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas. Agile learner adalah mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri serta beradaptasi pada perubahan.

“Menghadapi keadaan Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity (VUCA) saat ini tidak cukup hanya sekedar pembelajar, namun kita harus bisa menjadi agile learner. Sebab hari ini yang dibutuhkan tidak hanya ketepatan, tapi juga kecepatan,” ujarnya.

Kedua, rektor berpesan, para wisudawan agar  terus memperkuat identitas serta bangga sebagai alumni IPB University. Sebagai bagian dari almamater IPB University, para lulusan harus senantiasa mengingat tiga kata kunci yang menjadi identitas IPB University, yaitu integritas, inovasi dan inspirasi.

“Pesan saya yang ketiga adalah terus berjejaring bersama alumni IPB University. Berjejaring dengan dunia yang begitu luas dalam rangka memperkuat agromaritim 4.0 sebagai sumber pangan, energi, biomaterial, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi baru,” tegas rektor.

Oleh karenanya, kata Prof Arif, alumni IPB University sudah semestinya memiliki motivasi yang kuat untuk membuktikan pada dunia bahwa ilmu yang telah dipelajari di kampus itu memiliki daya manfaat untuk kemajuan bangsa.

Pendidikan yang didapatkan selama di kampus berupa hardskill, softskill, karakter maupun integritas adalah persiapan. Sementara keberuntungan adalah kesempatan plus persiapan. Karenanya, pesan keempat rektor bagi wisudawan adalah diharapkan persiapan yang dilakukan itu menjadi bekal agar lulusan IPB University mampu menemukan masa depan.

“Wisuda merupakan bagian dari ujung proses persiapan yang sudah Anda dan IPB University lakukan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Sehingga sebagaimana pesan pertama tadi, menjadi pembelajar yang tangguh adalah dalam rangka bisa terus mengikuti perkembangan zaman,” katanya.

Terakhir, rektor juga berpesan, momen wisuda ini merupakan saat yang tepat untuk berterima kasih pada orang tua dan guru. Dua sosok itulah yang tak lain merupakan orang yang paling ikhlas melihat seseorang  maju.

“Wujud terima kasih bukan sekedar ucapan, tapi sebagaimana kita mensyukuri dengan senantiasa mendayagunakan segala sumberdaya potensi yang dimiliki untuk memberikan manfaat untuk kemajuan dan perubahan ke arah yang lebih baik lagi,” tutur Prof Arif Satria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.