Beranda Regional Papua Barat HASIBAS SIRA: “OTSUS MENDUKUNG PENGEMBANGAN GENERASI MUDA PAPUA”

HASIBAS SIRA: “OTSUS MENDUKUNG PENGEMBANGAN GENERASI MUDA PAPUA”

0
Hasibas Sira (Tokoh Pemuda IMEKKO)
Hasibas Sira (Tokoh Pemuda IMEKKO)

Pemberlakuan Otonomi Khusus (Otsus) Papua terbukti memberikan kontribusi dalam pembangunan infrastruktur dan khususnya pengembangan kualitas SDM Papua, sehingga harus didukung keberlanjutannya untuk terus meningkatkan kesejahteraan serta kemandirian masyarakat Papua.

Masyarakat Papua, khususnya generasi pemuda mengapresiasi pelaksanaan Otsus Papua yang telah berlangsung selama 20 tahun terakhir karena merupakan bentuk perhatian luar biasa pemerintah pusat terhadap pembangunan di wilayah Papua khususnya Papua Barat.

Hasibas Sira, Tokoh Pemuda IMEKKO Sorong Selatan mengatakan generasi muda Papua Barat mendukung keberlanjutan Otsus Papua karena menyadari bahwa Otsus merupakan salah satu jalan untuk mengejar ketertinggalan dibanding daerah lain.

Menurut Hasibas, Otsus yang selama ini berlangsung belum sepenuhnya menyentuh seluruh lapisan masyarakat akar rumput. Oleh sebab itu perlu dilakukan optimalisasi fungsi pengawasan guna menghindari penyelewengan yang dilakukan pemerintah daerah selaku penyelenggara dan pengelola dana Otsus.

Hasibas berharap dalam penerapannya, Otsus yang diselenggarakan daerah harus dipersiapkan dengan matang agar tepat sasaran dengan mempertimbangkan aspek geografis, sosial budaya, adat istiadat sehingga potensi SDM generasi muda dapat dikembangkan secara tepat sasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.