Beranda Regional Papua Barat HAMKA MUNSAFE: “MASYARAKAT PAPUA MERASAKAN DAMPAK POSITIF DARI ADANYA OTSUS”

HAMKA MUNSAFE: “MASYARAKAT PAPUA MERASAKAN DAMPAK POSITIF DARI ADANYA OTSUS”

0
Hamka Munsafe (Tokoh Pemuda Kab. Sorong Selatan)
Hamka Munsafe (Tokoh Pemuda Kab. Sorong Selatan)

Otonomi Khusus (Otsus) Papua bertujuan untuk memperbaiki percepatan pembangunan dan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat, khususnya bagi masyarakat asli Papua. Otsus masih sangat dibutuhkan, pasalnya selama ini dana Otsus merupakan sumber utama dalam pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua dan Papua Barat.

Sebesar 63,79% APBD Provinsi Papua berasal dari dana Otsus. Sementara untuk Provinsi Papua Barat, dana Otsus mendominasi sebesar 52,68% dari APBD. Apabila dana Otsus ini tidak dilanjutkan maka APBD-nya akan sangat drop. Ini akan berpengaruh besar pada percepatan pembangunan.

Tidak hanya dilanjutkan, pemerintah juga mengusulkan penambahan besaran dana Otsus yang diberikan. Dana Otsus yang sebelumnya sebesar 2% dari Dana Alokasi Umum (DAU), akan naik menjadi 2,25% dari DAU. Meski begitu terdapat perubahan skema penyaluran dana Otsus ke depan. Dana Otsus yang sebelumnya diberikan secara langsung keseluruhan, akan diubah dengan memberikan sebagian melalui skema earmark berbasis kinerja.

Hamka Munsafe, Tokoh Pemuda Kab. Sorong Selatan mengungkapkan sebagian besar masyarakat telah merasakan manfaat dari adanya Otsus selama kurang lebih 20 tahun. “Puji Tuhan masyarakat sebagian telah merasakan dampak pembangunan infrastruktur dan  peningkatan SDM”, ungkap Hamka.

Rencana pemerintah melanjutkan Otsus, Hamka sangat mendukung dengan harapan lebih transparan dan terbuka. Otsus diharapkan dapat lebih memperbanyak program-program yang berpihak kepada masyarakat Papua, Hamka meminta adanya pembukaan CPNS jalur Otsus untuk wilayah Papua dan Papua Barat.

Berkaitan dengan adanya penolakan kelanjutan Otsus, Hamka menyebut hal tersebut disebabkan karena adanya sebagian kecil kelompok masyarakat yang kecewa lantaran belum merasakan manfaat Otsus. “Namun demikian pada dasarnya kami sangat mendukung kelanjutan Otsus dengan adanya evaluasi dan perbaikan dalam implementasi Otsus”, ucap Hamka.

Pengawasan yang ketat dalam pengelolaan dana Otsus dirasa perlu dilakukan guna meminimalisir potensi terjadinya penyelewengan dan penyalahgunaan anggaran. Pengawasan dimaksud dapat melibatkan aparat, masyarakat maupun pihak independen. “Dengan pengawasan ketat, penyaluran dana Otsus dapat lebih dikendalikan sehingga minim terjadinya korupsi”, harap Hamka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.