Beranda Kesehatan DUKUNG VAKSINASI NASIONAL, LURAH MAKLALUT SORONG: “VAKSINASI BENTUK KEKEBALAN TUBUH”

DUKUNG VAKSINASI NASIONAL, LURAH MAKLALUT SORONG: “VAKSINASI BENTUK KEKEBALAN TUBUH”

0
Murtoyo (Lurah Maklalut Kab Sorong)
Murtoyo (Lurah Maklalut Kab Sorong)

Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular virus ataupun kemungkinan sakit berat. Selama belum ada obat khusus untuk Covid-19, maka vaksinasi adalah salah satu pilihan paling efektif serta perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas) adalah upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penularan Covid-19.

Murtoyo, Lurah Maklalut Kab Sorong mengatakan saat ini wabah Covid-19 masih berada ditengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu masyarakat harus mewaspadainya dengan mengikuti anjuran pemerintah dan ahli kesehatan untuk selalu mendisiplinkan protokol kesehatan serta menerapkan pola hidup sehat.

Lurah Maklalut juga meminta masyarakat mendukung program pemerintah untuk vaksinasi Covid-19 dan tidak terprovokasi isu-isu miring di media sosial. Tidak sedikit oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang secara masif menyebar informasi sesat untuk menggagalkan program pemerintah melaksanakan vaksinasi nasioanl. “Kita perlu menyaring dan memahami terlebih dahulu sebelum membagikan berita-berita di media sosial agak tidak menyesatkan” ucap Murtoyo.

Murtoyo mengimbau kepada seluruh masyarakat di lingkungan kelurahan Maklalut untuk mendukung program vaksinasi nasioanl agar terciptanya kekebalan/imun tubuh sehingga tidak mudah tertular Covid-19. “Mari kita dukung program vaksinasi, tak lupa disiplin protokol kesehatan dan terapkan pola hidup serhat” tutup Murtoyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.