Beranda Regional Papua Barat BASTIAN SALAMUK : “OTSUS TINGKATKAN KUALITAS SDM PAPUA”

BASTIAN SALAMUK : “OTSUS TINGKATKAN KUALITAS SDM PAPUA”

0
Bastian Salamuk (Kepala Kampung Tegirolo, Distrik Teminabuan Kab. Sorong)
Bastian Salamuk (Kepala Kampung Tegirolo, Distrik Teminabuan Kab. Sorong)

Selama kurang lebih 20 tahun terlaksananya Otonomi Khusus (Otsus) di Papua dan Papua Barat, telah banyak memberikan kontribusi yang menunjang kesejahteraan dan kemandirian masyarakat asli Papua diberbagai bidang. Kemajuan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM Orang Asli Papua adalah bukti nyata keberhasilan Otsus.

Penyaluran dana Otsus dari pemerintah pusat turun ke tingkat daerah hingga ke kampung-kampung merupakan bukti kepercayaan penuh pemerintah kepada masyarakat Papua untuk mengelola dan mengembangkan diri dalam rangka peningkatan taraf hidup masyarakat Papua. “Pusat kasih kita dana Otsus yang begitu besar untuk kita kelola sendiri dan pertanggung jawabkan sebagaimana mestinya” ucap Bastian Salamuk, Kepala Kampung Tegirolo, Distrik Teminabuan, Kab. Sorong.

Bastian meminta pemerintah lebih meningkatkan fungsi pengawasan terhadap penyaluran dan pemanfaatan dana Otsus sehingga potensi penyelewengan dan penyalahgunaan anggaran oleh oknum pejabat dapat diminimalisir, karena hal tersebut sangat merugikan masyarakat Papua selaku sasaran dari dana Otsus itu sendiri. “Dengan adanya pengawasan yang ketat, faktor-faktor penghambat keberhasilan Otsus dapat dipetakan dan dicarikan solusinya”, jelas Bastian.

Kepala Kampung Tegirolo meminta warganya untuk mendukung rencana pemerintah melakukan revisi UU Otsus agar kedepannya dapat berjalan lebih baik sesuai yang diharapkan masyarakat Papua. “Kita harus dukung kelanjutan Otsus agar pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM Papua dapat terus berlanjut”, tutup Bastian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.