Beranda Regional Papua Barat ASER NYAI: “PROGRAM BEASISWA SEKOLAH DARI DANA OTSUS HARUS DILANJUTKAN”

ASER NYAI: “PROGRAM BEASISWA SEKOLAH DARI DANA OTSUS HARUS DILANJUTKAN”

0
Aser Nyai (Tokoh Masyarakat selaku Orang Tua Mahasiswa)
Aser Nyai (Tokoh Masyarakat selaku Orang Tua Mahasiswa)

Program pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Papua melalui beasiswa yang bersumber dari Otonomi Khusus (Otsus) untuk melanjutkan studi baik dalam negeri maupun luar negeri sangat diapresiasi oleh masyarakat Papua. Peran pemerintah dalam hal ini dinas terkait serta orang tua sangat diperlukan untuk terus mengawasi dan membina putra-putrinya yang tengah melanjutkan studi diluar kota sehingga dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dan meraih prestasi sebaik mungkin.

Aser Nyai selaku tokoh masyarakat dan orang tua mahasiswa di Kaimana mengatakan hampir keseluruhan kalangan generasi muda, khususnya yang berasal dari Kab. Kaimana melanjutkan studi ke kota lain di Indonesia, sehingga diperlukan upaya-upaya pembinaan baik dari instansi terkait maupun orang tua masing-masing.

“Minimnya pengawasan dari orang tua terhadap anaknya yang tengah berkuliah diluar daerah menjadi kendala sehingga banyak mahasiswa Papua yang terlibat pergaulan negatif dan terpengaruh isu-isu pergerakan yang bertentangan dengan pemerintah seperti halnya masalah politik separatis” ungkap Aser.

Sebagian besar mahasiswa Papua yang kuliah diluar daerah hingga ke luar negeri dibiayai pemerintah yang bersumber dari dana Otsus. Namun tidak sedikit kalangan mahasiswa yang menyuarakan bahwa Otsus Papua gagal sementara mereka sendiri menempuh studi dibiayai dari Otsus.

Aser juga mengatakan sebagai orang tua, perlu memberikan pemahaman kepada anaknya agar tidak terpengaruh dengan isu-isu masalah separatis dan pergerakan-pergerakan yang bertentangan dengan pemerintah. “Sejatinya Otsus itu banyak memberi manfaat kepada para generasi muda Papua dengan program-programnya seperti beasiswa, pelatihan vokasi dan sebagainya” lanjut Aser.

Aser meminta kepada anak-anak Papua yang saat ini sedang menempuh pendidikan di luar Papua agar dapat mendukung program pemerintah terutama dibidang pendidikan seperti pembiayaan sekolah melalui beasiswa, bantuan afirmasi, pelatihan keterampilan sehingga program baik ini dapat berlanjut dan dirasakan juga oleh generasi Papua selanjutnya.

“Saya sangat bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada pemerintah karena telah memberikan kesempatan bagi anak-anak kami untuk menempuh pendidikan di luar kota dengan harapan dapat kembali membawa ilmu untuk membangun Papua” tutup Aser.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.