Beranda Regional Papua Barat ANTON NANAY: “OTSUS HARUS DIMANFAATKAN SECARA MAKSIMAL UNTUK MENUNJANG KESEJAHTERAAN DAN PEMBANGUNAN”

ANTON NANAY: “OTSUS HARUS DIMANFAATKAN SECARA MAKSIMAL UNTUK MENUNJANG KESEJAHTERAAN DAN PEMBANGUNAN”

0
Anton Nanay (Kepala Suku Napiti Kaimana)
Anton Nanay (Kepala Suku Napiti Kaimana)

Otonomi Khusus (Otsus) Papua merupakan kewenangan khusus yang diakui dan diberikan kepada Provinsi Papua, termasuk provinsi-provinsi hasil pemekaran Provinsi Papua yang diberi mandat untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi dan hak-hak dasar masyarakat Papua.

Mengacu pada UU No. 21 Tahun 2001 yang sesaat lagi akan direvisi, Otsus bertujuan meningkatkan taraf hidup, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, dan sebagainya. Dalam implementasinya selama kurang lebih 20 tahun, Otsus telah banyak membawa perubahan positif bagi Papua dan Papua Barat, terutama dalam pembangunan infrastruktur.

Anton Nanay , Kepala Suku Napiti Kaimana mengatakan Otsus adalah program pemerintah yang harus dimanfaatkan masyarakat Papua agar dapat maju dan berkembang. “Otsus telah banyak memberi ruang bagi kita orang Papua untuk dapat menjadi pemimpin diatas tanah sendiri”, ucap Anton.

Ada nya pro kontra tentang keberlanjutan Otsus, lanjut Anton, itu merupakan hal yang wajar mengingat pola pikir masyarakat Papua masih ada yang belum berkembang dan tidak memandang positif dari adanya Otsus. “Padahal Otsus ini program positif yang harusnya kita manfaatkan secara maksimal untuk peningkatan kesejahteraan dan pembangunan di Papua Barat”, tegas Anton.

Kepala Suku Napiti ini juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi keamanan khususnya di Kab. Kaimana dengan tidak terprovokasi oleh isu-isu negatif yang menolak Otsus dan menuntut referendum. “Saya harap masyarakat harus cerdas untuk tidak mengikuti hasutan menolak Otsus”, tutup Anton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.