Beranda Regional Papua Barat ANGGOTA DPRD PAPUA BARAT FRAKSI OTSUS : “TELAH BANYAK YANG DICAPAI OLEH...

ANGGOTA DPRD PAPUA BARAT FRAKSI OTSUS : “TELAH BANYAK YANG DICAPAI OLEH OTSUS UNTUK PAPUA”

0
FOTO : Ir. Dominggus Urbon (Anggota DPRD Papua Barat Fraksi Otsus)

Anggota DPRD Papua Barat Fraksi Otsus Ir. Dominggus Urbon memberikan dukungannya terhadap keberlanjutan Otonomi Khusus (Otsus) yang telah berlangsung selama 20 tahun di Tanah Papua. Hal itu diungkapkannya ketika ditemui dirumahnya pada Kamis (20/5/21).

Selama 20 tahun berjalannya Otsus telah banyak hal yang dicapai, diantaranya banyak anak asli Papua yang menempuh pendidikan di dalam maupun luar negeri serta menjadi orang yang berhasil. Infrastruktur dan ekonomi juga telah dicapai dengan baik. Selain itu Otsus juga telah memberikan kewenangan lebih kepada Papua, terbukti dengan diakomodirnya Perdasus, dan adanya rekrutmen pegawai jalur Otsus.
“Pencapaian Otsus mungkin tidak sempurna, namun secara signifikan memberikan kemajuan terhadap Papua. Terkait keberlanjutan Otsus diharapkan ada pembenahan dalam UU Otsus jilid II yang mampu menjawab masukan dari masyarakat.” jelas Dominggus

Pemerintah Pusat telah memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah. Kewenangan yang diberikan kepada Papua melalui Otsus sangat banyak, berbeda dengan kewenangan daerah Otsus lain.

Dirinya melihat Otsus sebagai anugerah Tuhan yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada orang asli Papua melalui UU Otsus No. 21 Tahun 2001, dengan tujuan secara strategis untuk:
(1) membangun nasionalisme OAP dalam NKRI,
(2) membangun proses demokrasi dalam NKRI, agar masyarakat belajar berdemokrasi,
(3) membangun SDM Papua melalui pendidikan,
(4) agar masyarakat belajar bertanggung jawab serta berpartisipasi dalam pembangunan daerah dan nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.