Beranda Kesehatan ANAK ADAT ASLI PAPUA MENDUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH UNTUK CEGAH COVID-19 DI MANOKWARI

ANAK ADAT ASLI PAPUA MENDUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH UNTUK CEGAH COVID-19 DI MANOKWARI

0
Yoas Bajan (Ketua Ikatan Anak Adat Asli Papua)

Pada 17 Juli 2021 di Kab. Manokwari, Yoas Bajan (Ketua Ikatan Anak Adat Asli Papua) mendukung kebijakan pemerintah dalam pencegahan Covid-19 di Kab. Manokwari. Dirinya menilai kebijakan pemerintah dengan memberlakukan PPKM darurat dan Vaksinasi massal di Kab. Manokwari merupakan langkah yang tepat, karena langkah-langkah tersebut akan menyadarkan masyarakat tentang bahayanya Virus Covid-19 ini.

“Kami sudah mendengar adanya instruksi Gubernur dan Bupati agar masyarakat Papua Barat mematuhi kebijakan PPKM guna mencegah penyebaran kasus Covid-19. Memang saat ini terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang begitu besar baik di Indonesia maupun di Kab. Manokwari. Namun yang menjadi kendala saat ini yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk mentaati Protokol Kesehatan khususnya penggunaan masker” ujarnya. 

“Sampai saat ini belum ada sosialisasi dari pemerintah daerah terhadap masyarakat sehingga hal ini juga menjadi penyebab masih banyaknya masyarakat yang tidak mentaati Protokol Kesehatan. Perlu adanya upaya penertiban kepada masyarakat khususnya untuk mendukung kebijakan PPKM dengan memakai masker dan menjaga jarak, sehingga kedepannya tidak akan terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Kab. Manokwari. Apabila pemerintah daerah tidak aktif melakukan sosialisasi maka masyarakat yang tinggal di wilayah pinggiran tidak akan mengetahui informasi terbaru dari upaya pemerintah untuk menangkal Covid 19” ungkapnya.

“Kami mengharapkan agar pemerintah dapat memberikan bantuan baik berupa uang tunai maupun paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, sehingga apabila pemerintah menerapkan PPKM maka masyarakat tidak akan kesusahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi saat ini sudah ada beberapa pasien yang meninggal akibat Covid-19 dan ini mulai menimbulkan ketakutan di dalam masyarakat” imbuhnya. 

“Terkait adanya kelompok yang memprovokasi masyarakat dengan isu Covid-19, sampai saat ini kami belum mendengar dan kami rasa masyarakat Papua tidak akan terprovokasi dengan  hal tersebut karena akses untuk mencari berita sudah sangat mudah. Apabila ada masyarakat yang melakukan provokasi, kami akan segera mengingatkan dan menyuruh agar tidak melakukan hal tersebut karena hanya akan semakin membuat masyarakat ketakutan” tandasnya. 

“Kami selaku Ketua Ikatan Anak Adat Asli Papua, mendukung kebijakan PPKM darurat dan kami juga akan terus mengajak masyarakat Papua Barat, khususnya Kab. Manokwari untuk mendukung kebijakan pencegahan Covid-19 dengan mengikuti instruksi Gubernur dan Bupati serta menaati Protokol Kesehatan guna mencegah peningkatan penyebaran Covid-19 yang ada di Papua Barat, khususnya di Kab. Manokwari” tutupnya 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.