Beranda Kesehatan Alasan Orang Usia 20-40 Tahun Disebut Jadi Pendorong Pandemi Corona

Alasan Orang Usia 20-40 Tahun Disebut Jadi Pendorong Pandemi Corona

0

Jakarta

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Selasa (18/8/2020), menyebut ada kekhawatiran pandemi virus Corona COVID-19 semakin parah karena didorong oleh orang-orang di kelompok usia 20-40 tahun. WHO menyebut ini karena sebagian besar orang tidak sadar dirinya terinfeksi.

Direktur Regional WHO untuk wilayah Pasifik Barat, Takeshi Kasai, menyebut ada peningkatan kasus infeksi pada kelompok orang berusia 20-40 tahun secara global. Dampaknya kasus-kasus yang parah hingga kematian juga ikut meningkat, khususnya pada kelompok rentan, seperti lansia dan orang dengan penyakit penyerta.

“Ada perubahan epidemi,” kata Takeshi seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/8/2020).

“Orang-orang berusia 20-an, 30-an, dan 40-an semakin mendorong penyebaran virus. Kebanyakan tidak sadar mereka terinfeksi,” lanjutnya.

Kasus infeksi di kelompok usia 20-40 tahun meningkat kemungkinan karena mereka yang aktif berkegiatan di tengah masyarakat, menempatkan diri pada risiko tertular di perjalanan atau di tempat bekerja. Hanya saja dengan kondisi fisik yang bugar, sebagian besar orang pada kelompok ini bisa tidak memiliki atau minim gejala.

Meski tidak memiliki keluhan, orang-orang yang minim gejala di dalam tubuhnya bisa tetap tersimpan virus penyebab COVID-19. Ketika mereka berinteraksi tanpa protokol yang memadai, maka virus akan menginfeksi orang lain.

“Jadinya ini meningkatkan risiko penularan kasus pada kelompok yang lebih rentan,” ungkap Takeshi.

Simak Video “Keputusan RI Buka Sekolah di Zona Kuning Dikritik WHO
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.