Beranda Regional Papua Barat AGUSTINUS WARBAL : OTSUS TINGKATKAN ANGKA PARTISIPASI SEKOLAH DI PAPUA BARAT

AGUSTINUS WARBAL : OTSUS TINGKATKAN ANGKA PARTISIPASI SEKOLAH DI PAPUA BARAT

0
Kepala Balai Pengawasan Eselon 3 Papua Barat – Agustinus Warbal, S.Sos., MP.

Berbagai elemen masyarakat sepakat agar Undang-Undang Otonomi Khusus (UU Otsus) Papua terus dilanjutkan. Dukungan ini terus disuarakan di tengah isu penolakan Otsus oleh beberapa kelompok masyarakat. Penilaian agar Otsus tetap berlanjut setelah melihat berbagai capaian positif selama pemberlakukan UU Otsus dari tahun 2001 hingga saat ini.

Salah satu dukungan tersebut datang dari Agustinus Warbal, S.Sos., MP., Kepala Balai Pengawasan Eselon 3 Papua Barat, yang menyatakan dengan tegas agar Otsus tetap dilanjutkan.

“Pertanggungjawaban dan peran Kabalai Pengawasan Eselon 3 sangat penting dalam peningkatan SDM para ASN di lingkungan provinsi Papua Barat, sehingga kinerja dalam pelaksanaan penyelengaraan pemerintah bisa terwujud dengan baik sehingga pelaksanaan Otsus khususnya di Papua Barat bisa tercapai sesuai dengan amanat UU Otsus” tegas Agustinus.

Agustinus menilai pelaksanan Otsus di provinsi Papua Barat sudah berjalan sebagaimana mestinya. salah satu indikatornya adalah meningkatnya Angka Partisipasi Sekolah (APS) pada berbagai jenjang pendidikan di provinsi Papua Barat dalam waktu kurun 10 tahun. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase tingkat partisipasi sekolah 7 sampai 15 tahun dengan nilai 85 hingga 90 dan 16 sampai 18 tahun dengan nilai 57 hingga 80.

“Keberhasilan Otsus sudah kita rasakan, baik dalam Infrastruktur seperti Jalan, Pelabuhan, Bandara, Tol Laut, Rumah Sakit, Tempat Ibadah semua Agama, Sekolah, Kampus dan masih banyak lagi” ucapnya.

“Kita nikmati, semuanya itu menggunakan dana Otsus, kita manusia tidak sempurna dan pasti ada kekurangan. Kita bekerja dengan takut akan Tuhan” tambahnya.

Agustinus menyarankan kepada pemerintah pusat agar perlu mengevaluasi hasil kerja Otsus yang pertama sehingga bisa menjadi acuan untuk Otsus Jilid 2 sehingga dapat dalam pelaksanaanya nanti dapat berjalan dengan maksimal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.